fbpx

Mitos atau Fakta, Bongkar Klaim Kolagen

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Mitos dan Fakta Seputar Kolagen

Table of Contents

Apa itu Kolagen?

Mitos dan Fakta Klaim Kolagen

Kolagen memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh manusia, khususnya untuk fungsi tubuh. Tetapi, fungsi utama kolagen dalam perawatan tubuh adalah untuk memastikan kulit tetap terjaga elastisitasnya, sehat, dan bercahaya. 

Jika kadar kolagen dalam tubuh tinggi, maka kulit akan menjadi lebih kenyal dan sehat. Kebutuhan kolagen yang terpenuhi dalam tubuh akan berdampak pada tekstur kulit yang lebih sehat, sehingga seseorang akan terlihat lebih muda.

Kolagen menjadi salah satu jenis protein yang penting untuk kulit seseorang. Kolagen bekerja sama dengan protein lain, yakni elastin dan asam hialuronat. Kerja sama tersebut berfungsi untuk memberi struktur dan kekuatan pada bagian tubuh, seperti kulit dan gigi. 

Kolagen juga berperan sebagai perekat yang menjaga jaringan tubuh tetap kuat. Jadi, kolagen adalah protein penting yang membuat kulit tetap kencang dan tubuh tetap sehat dan kuat

Beredar juga mitos mengenai kolagen. Apakah mitos tersebut benar? simak pembahasan selengkapnya pada artikel ini. 

Mitos Tentang Kolagen 

Mitos atau Fakta, Bongkar Klaim Kolagen

Mitos 1: Mengonsumsi suplemen kolagen dapat secara langsung meningkatkan kadar kolagen dalam kulit.

Faktanya, molekul kolagen dalam suplemen terlalu besar untuk diserap oleh tubuh secara utuh. Tubuh perlu memecah kolagen menjadi asam amino sebelum dapat digunakan untuk membangun kolagen baru.

Mitos 2: Krim kolagen dapat menghilangkan keriput dan membuat kulit lebih kencang.

Faktanya, molekul kolagen dalam krim topikal juga terlalu besar untuk menembus lapisan atas kulit. Krim kolagen mungkin memberikan efek hidrasi sementara, tetapi tidak dapat meningkatkan produksi kolagen atau mengurangi keriput secara signifikan.

Mitos 3: Semua orang perlu mengonsumsi suplemen kolagen.

Faktanya, kebutuhan kolagen setiap orang berbeda-beda. Orang yang memiliki kondisi medis tertentu mungkin perlu mengonsumsi suplemen kolagen di bawah pengawasan dokter.

Mitos 4: Produksi kolagen dalam tubuh menurun seiring bertambahnya usia.

Mitos dan Fakta Kolagen

Ini merupakan pernyataan yang benar. Sejak usia 20-an, produksi kolagen dalam tubuh kita mulai menurun sekitar 1% per tahun. Penurunan ini semakin cepat setelah menopause pada wanita.

Mitos 5: Makanan tertentu dapat membantu meningkatkan produksi kolagen.

Makanan kaya vitamin C, seperti jeruk, stroberi, dan paprika, dapat membantu tubuh memproduksi kolagen. Makanan yang kaya protein, seperti daging, ikan, dan kacang-kacangan, juga penting untuk kesehatan kulit dan sendi.

Mitos 6: Gaya hidup sehat dapat membantu menjaga kadar kolagen.

Ini merupakan fakta. Sebab gaya hidup sehat seperti merokok, terpapar sinar matahari berlebihan, dan dehidrasi dapat merusak kolagen dan mempercepat penuaan. Makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan melindungi kulit dari sinar matahari dapat membantu menjaga kadar kolagen dan kesehatan secara keseluruhan.

Pada akhirnya, tidak ada solusi ajaib untuk meningkatkan kadar kolagen dan memutarbalikkan waktu. Namun, dengan mengikuti pola makan sehat, gaya hidup aktif, dan berkonsultasi dengan dokter jika diperlukan, kamu dapat membantu menjaga kesehatan kulit, sendi, dan tulang untuk waktu yang lama.

Rekomendasi Minuman Kolagen

Selain menerapkan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat dan menjauhi gaya hidup kurang sehat, kamu juga bisa menjaga kadar kolagen dalam tubuh dengan mengonsumsi minuman kolagen. Jika kamu ingin mendapatkan manfaat dari mengonsumsi minuman kolagen, berikut ada rekomendasi minuman kolagen untukmu. Simak di bawah ini, ya!

Beauty of Angel Collagen Drink ini bukan sekedar minuman biasa! Ini adalah minuman kolagen yang diformulasikan untuk merawat kecantikan kamu dari dalam. Minuman ini mengandung peptida kolagen ikan, vitamin, antioksidan, dan probiotik dari yogurt dan stroberi asli.

Menutrisi Sendi

Kolagen membantu menjaga kesehatan jaringan di sekitar sendi, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri dan pegal.

Kulit Sehat dan Bercahaya

Kolagen adalah protein penting untuk menjaga elastisitas dan kelembapan kulit. Minuman ini dapat membantu mengurangi kerutan dan garis halus.

Rambut dan Kuku Lebih Kuat

Kolagen juga penting untuk kesehatan rambut dan kuku. Beauty of Angel Collagen Drink dapat membantu mencegah rambut patah dan kuku rapuh.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Beberapa penelitian menunjukkan minuman ini dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan penyerapan nutrisi.

Penutup

Kolagen adalah protein penting yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, sendi, dan tulang. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh kita menurun, yang dapat menyebabkan berbagai masalah seperti keriput, kulit kendur, dan nyeri sendi.

Meskipun tidak ada solusi ajaib untuk meningkatkan kadar kolagen dan memutarbalikkan waktu, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan memperlambat proses penuaan. Berikut beberapa tipsnya:

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?