fbpx

Mengapa Memakai Sunscreen Harus Sebanyak Dua Ruas Jari?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Manfaat Penggunaan Sunscreen 2 Ruas Jari

Table of Contents

Sinar matahari, meskipun memiliki manfaat untuk kesehatan, juga dapat membawa dampak negatif bagi kulit jika tidak dikontrol dengan baik. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen menjadi hal yang sangat penting untuk melindungi kulit dari berbagai kerusakan akibat sinar UV.

Banyak orang sudah memahami pentingnya menggunakan sunscreen. Namun, tahukah kamu bahwa jumlah sunscreen yang digunakan juga sama pentingnya dengan memilih produk yang tepat? Para ahli dermatologi merekomendasikan untuk menggunakan sunscreen sebanyak dua ruas jari untuk setiap area yang ingin dilindungi, seperti wajah, leher, dan tangan.

Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui pentingnya penggunaan sunscreen sebanyak 2 ruas jari dan bagaimana efektifitasnya. Artikel ini akan membahas mengenai pentingnya penggunaan sunscreen sebanyak 2 ruas jari untuk kesehatan kulitmu.

Alasan di balik aturan dua ruas jari

Mengapa Memakai Sunscreen Harus Sebanyak Dua Ruas Jari

Kulit yang lebih tipis dan sensitif pada wajah menyebabkannya lebih rentan terkena dampak buruk dari sinar matahari. Dampak buruk yang dihasilkan sinar matahari antara lain, kulit kemerahan, munculnya flek hitam, bahkan hingga iritasi pada wajah. 

Penggunaan sunscreen menjadi hal yang sangat penting untuk menghindari dampak buruk tersebut. Sebab, bahan aktif dalam sunscreen bekerja dengan menyerap sinar matahari. Hal tersebut menyebabkan paparan sinar matahari tidak mencapai lapisan kulit yang lebih dalam. 

Oleh sebab itu, penggunaan sunscreen sebanyak 2 ruas jari sangat dianjurkan untuk menjaga kulit dari dampak buruk sinar matahari. Lantas, mengapa penggunaan sunscreen harus sebanyak 2 ruas jari?

Penggunaan sunscreen secara sedikit demi menghemat produk tidak akan melindungi kulitmu dari bahaya sinar matahari. Dilansir dari Kompas.com, idealnya, wajah dan leher orang dewasa membutuhkan 2,5 gram sunscreen pada setiap pemakaian. 

Namun, karena lebar wajah dan leher tiap orang berbeda, takaran tersebut bisa disesuaikan dengan ruas jari masing-masing pengguna. Namun, kamu dianjurkan menggunakan sunscreen sebanyak 2 ruas jari untuk perlindungan yang maksimal. Ada beberapa alasan mengapa penggunaan sunscreen sebanyak 2 ruas jari penting, di antaranya sebagai berikut:

Cakupan Perlindungan yang Optimal

Dua ruas jari sunscreen setara dengan sekitar 0,5 gram, jumlah yang direkomendasikan oleh para ahli untuk mendapatkan cakupan perlindungan yang optimal. Hal ini penting karena paparan sinar UV tidak hanya terjadi pada area kecil, tetapi pada seluruh bagian kulit yang terpapar.

Mengurangi Risiko Hilangnya Sunscreen

Sepanjang hari, sunscreen dapat hilang akibat berbagai faktor seperti keringat, gesekan, atau air. Oleh karena itu, menggunakan sunscreen dengan jumlah yang lebih banyak dapat membantu meminimalisir risiko hilangnya perlindungan.

Melindungi Semua Lapisan Kulit

Pentingnya Penggunaan Sunscreen 2 Ruas Jari

Sinar UV matahari tidak hanya menyerang lapisan kulit terluar, tetapi juga dapat menembus dan mencapai lapisan yang lebih dalam. Penggunaan sunscreen dengan jumlah yang cukup dapat melindungi semua lapisan kulit dari kerusakan akibat sinar UV, termasuk kerusakan pada sel DNA yang dapat berujung pada kanker kulit.

Tips Memakai Sunscreen

  • Oleskan sunscreen 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.
  • Pastikan untuk meratakan sunscreen ke seluruh area yang ingin dilindungi, tidak hanya pada bagian yang terlihat saja.
  • Ulangi pemakaian sunscreen setiap dua jam, atau lebih sering jika berkeringat atau berenang.
  • Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan spektrum luas yang melindungi dari UVA dan UVB.

Manfaat Memakai Sunscreen dengan Tepat

Apa Pentingnya Menggunakan Sunscreen 2 Ruas Jari

  • Mencegah kerusakan kulit seperti penuaan dini, keriput, dan bintik hitam.
  • Melindungi dari kanker kulit.
  • Menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.
Rekomendasi Sunscreen

Penggunaan sunscreen menjadi hal yang sangat penting dalam keseharian. Sebab, sunscreen bisa bantu meminimalisir dampak buruk dari sinar matahari. Untuk kamu yang masih bingung dalam memilih sunscreen, Beauty of Angel Sunscreen menjadi pilihan yang tepat untukmu. 

Sunscreen ini memiliki SPF 50 PA+++. Beauty of Angel Sunscreen adalah tabir surya yang dapat melindungi kulit dari UVA & UVB, sehingga kulit terlindung dari efek buruk sinar matahari. 

Kandungan Niacinamide dalam produk tabir surya ini berfungsi sebagai blue light protection. Selain itu, bahan Scutellaria Baicalensis Root Extract bersifat antioksidan yang dapat menutrisi dan menjaga agar kulit tetap lembab.

Oleh sebab itu, kamu tidak boleh melewatkan pemakaian sunscreen sebelum beraktivitas. Beauty of Angel Sunscreen sangat cocok digunakan sebelum beraktivitas, sebab bisa melndungi kulit kamu dari bahayanya sinar matahari. Pastikan untuk reapply sunscreen setiap 2 jam sekali,  ya!

Penutup

Memakai sunscreen sebanyak dua ruas jari adalah cara terbaik untuk memastikan kulit terlindungi dengan optimal dari paparan sinar matahari. Gunakan sunscreen secara rutin setiap hari, jadikan sunscreen sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit kamu untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terawat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?