fbpx

Benarkah Retinol Ampuh Lawan Tanda Penuaan Dini?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Retinol adalah bahan skincare yang mengandung bahan aktif dari vitamin A. Retinol sering disebut sebagai “standar emas” dalam perawatan kulit, sebab kemampuannya yang luar biasa untuk mengatasi berbagai masalah kulit, terutama tanda penuaan dini. 

Bahan ini bekerja dengan cara mempercepat pergantian sel kulit mati dengan sel kulit baru yang sehat. Berkat fungsinya ini, retinol banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit dan mempercantik tampilan kulit.

Retinol kerap digunakan sebagai bahan aktif dalam produk perawatan kulit. Konsentrasi retinol dalam produk perawatan cukup beragam, mulai dari 0,01–3%. Produk retinol dengan konsentrasi rendah biasanya dapat dibeli tanpa resep dokter di toko kosmetik atau apotek.

Retinol dengan jenis adapalene, retinaldehyde, dan retinyl palmitate bisa didapatkan secara bebas di toko atau apotek. Sementara jenis retinol seperti isotretinoin, tazarotene, tretinoin harus menggunakan resep dokter karena memiliki efek samping kuat pada kulit.

Lawan Tanda Penuaan Dini dengan Retinol

Retinol menjadi pilihan skincare bagi sebagian orang karena kemampuannya yang dapat  meregenerasi dan meremajakan kulit. Retinol sangat menjadi primadona bagi mereka yang ingin tampil awet muda. 

Dikutip dari Healthline, cara kerja retinol bukan mengangkat sel kulit mati, tetapi bahan dengan molekul kecil ini dapat masuk jauh ke bawah epidermis. Selanjutnya, ketika berada di lapisan tengah kulit, retinol membantu menetralisasi radikal bebas.

Manfaat Retinol 

Retinol memiliki manfaat yang banyak untuk kulit. Lalu apa saja manfaat retinol? baca selengkapnya di sini:

Pintu Menuju Kulit Baru

Retinol bekerja dengan mempercepat proses regenerasi sel kulit. Sel-sel mati yang kusam dan kasar diangkat, membuka jalan bagi sel-sel baru yang lebih cerah dan halus. Kulit pun tampak lebih segar dan muda. Retinol juga mampu memudarkan bintik hitam akibat paparan sinar matahari. 

Menunda Tanda Penuaan

Kehebatan retinol terletak pada kemampuannya menstimulasi produksi kolagen, protein yang menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Peningkatan kolagen membantu memudarkan kerutan dan garis halus, memberikan efek anti-aging yang signifikan. Dengan begitu, kulit wajah akan nampak lebih halus dan awet muda. 

Jagoan Melawan Jerawat

Retinol tak hanya handal dalam memerangi tanda penuaan, tapi juga jerawat. Sifat anti-inflamasi dan komedolitiknya membantu mengatasi jerawat aktif dan mencegah munculnya jerawat baru. Pori-pori yang tersumbat oleh sel kulit mati atau minyak dapat memicu peradangan. Retinol dapat bekerja untuk mencegah tersumbatnya pori-pori wajah. 

Memudarkan Noda Hitam

Bagi mereka yang memiliki masalah hiperpigmentasi, retinol dapat menjadi solusi. Retinol memiliki kemampuan untuk memecah melanin dengan menekan aktivitas tirosinase atau enzim yang bertanggung jawab atas produksi melanin. Retiol juga memiliki kemampuan untuk membantu memudarkan bintik hitam dan bekas jerawat, menghasilkan warna kulit yang lebih merata.

Mengecilkan Pori-pori Besar

Benarkah Retinol Ampuh Lawan Tanda Penuaan Dini

Retinol juga membantu mengecilkan pori-pori yang tampak besar dengan mengurangi produksi minyak berlebih dan mengangkat sel kulit mati yang terperangkap di dalam pori-pori. Selain itu, retinol juga dapat merangsang produksi kolagen. Kolagen berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit, sehingga pori-pori akan terlihat kecil. 

Meski menawarkan banyak manfaat, retinol juga memiliki efek samping yang wajib diwaspadai. Lalu apa aja efek samping dari retinol? 

Kulit Kering

Retinol dapat meningkatkan pergantian sel kulit dan mempercepat proses pengelupasan kulit sehingga dapat menghilangkan minyak dan air alami. Selain itu, retinol juga dapat melemahkan barier kulit yang membuatnya menjadi lebih mudah kehilangan air. 

Kulit Iritasi

Cegah Tanda Penuaan Dini dengan Retinol

Iritasi menjadi efek samping lainnya. Retinol juga dapat melemahkan skin barier kulit, membuatnya lebih rentan terhadap iritasi dari bahan lain. Retinol juga bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, sehingga dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi. 

Kulit Mengelupas

Retinol dapat mempercepat proses pengelupasan kulit yang menyebabkan sel kulit mati terangkat lebih cepat. Hal ini dapat menyebabkan kulit terkelupas, terutama pada awal penggunaan. 

Rangkaian produk Beauty of Angel dengan kandungan pro retinol

Beauty of Angel Sabun Glow Soap menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin melawan tanda-tanda penuaan dini. Beauty of Angel Sabun Glow Soap merupakan satu-satunya sabun yg memiliki kandungan Retinol dan Niacinamide yang bagus untuk kesehatan kulitmu. Tak hanya di wajah, kamu juga bisa menggunakan sabun ini ke seluruh kulit tubuhmu. 

Beauty of Angel Sabun Glow Soap memiliki manfaat untuk mencerahkan, melembapkan, memudarkan garis halus tanda penuaan, dan merawat kulit berjerawat. Beauty of Angel Sabun Glow Soap merupakan body care terbaik yang bisa membuat kulitmu menjadi lebih halus, lembut dan cerah.

Sabun batang series ini umumnya terbuat dari campuran lemak nabati atau hewani, sedangkan sabun cair lebih sering mengandung bahan pelembap untuk menjaga kulit tetap lembut dan tidak kering. 

Tak hanya itu sabun ini pun merupakan sabun antiseptik yang mengandung bahan-bahan yang membunuh bakteri dan jamur pada kulit, sedangkan sabun kecantikan biasanya mengandung bahan-bahan yang membantu menjaga kelembapan dan elastisitas kulit remajamu.

Konsultasikan dengan dokter kulit sebelum menggunakan retinol, terutama bagi pemilik kulit sensitif atau sedang hamil/menyusui. Ingin kulit bebas kerutan, cerah, dan bebas noda hitam? Cari tahu lebih lanjut tentang manfaat retinol dan bagaimana menggunakannya dengan aman melalui konsultasi dengan dokter kulit atau browsing informasi terpercaya di internet.  Pastikan sumber yang kamu baca kredibel dan up-to-date.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?