fbpx

Bagaimana Cara Memilih Sunscreen Yang Tepat?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Cara Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit

Penggunaan sunscreen menjadi hal yang tidak boleh lepas dalam keseharian seseorang. Sebab, sunscreen mampu melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Sunscreen atau tabir surya bukan sekadar produk kecantikan biasa, melainkan kebutuhan vital untuk menjaga kesehatan kulit. Paparan sinar matahari yang berlebihan, khususnya sinar ultraviolet (UV), dapat membawa berbagai dampak buruk bagi kulit, seperti:

Manfaat utama sunscreen

Berikut beberapa manfaat utama yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan sunscreen:

Melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB

Tips Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit

 UVA menembus kulit lebih dalam dan menyebabkan penuaan dini, sedangkan UVB menyebabkan sunburn dan kanker kulit.

Menjaga kesehatan kulit

Menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit, serta mencegah munculnya hiperpigmentasi.

Mencegah kanker kulit

Sunscreen dengan SPF minimal 30 terbukti dapat mengurangi risiko kanker kulit.

Tips Memilih Sunscreen

Panduan Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit

Memilih sunscreen yang tepat sesuai jenis kulit sangatlah penting untuk mendapatkan perlindungan maksimal dari sinar matahari. Berikut adalah panduannya:

Perhatikan Jenis Kulit

  • Kulit Normal

Pilihlah sunscreen dengan SPF minimal 30 dan spektrum luas yang melindungi dari UVA dan UVB. Tekstur sunscreen bisa disesuaikan dengan preferensi, seperti gel, lotion, atau krim.

  • Kulit Kering

Pilihlah sunscreen yang mengandung pelembap seperti minyak lanolin dan silikon. Tekstur sunscreen yang lebih pekat seperti krim atau salep mungkin lebih cocok.

  • Kulit Berminyak

Pilihlah sunscreen dengan tekstur gel atau lotion yang bebas minyak dan non-comedogenic (tidak menyumbat pori-pori). Kandungan titanium dioksida dan zinc oksida umumnya lebih aman untuk kulit berminyak.

  • Kulit Kombinasi

Pilihlah sunscreen yang menyeimbangkan kebutuhan kulit di area kering dan berminyak. Tekstur gel atau lotion umumnya cocok untuk jenis kulit ini.

  • Kulit Sensitif

Pilihlah sunscreen hypoallergenic dan non-comedogenic yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif. Hindari produk yang mengandung pewangi, alkohol, dan paraben.

Tips Lainnya

Ada beberapa tips lain yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih sunscreen, di antaranya sebagai berikut:

Lakukan Tes alergi

Lakukan tes alergi pada area kecil kulit 24 jam sebelum penggunaan rutin.

Oleskan secukupnya

Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit

Gunakan sunscreen 20 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan dan ulangi setiap 2 jam, atau lebih sering jika berkeringat atau berenang.

Pilih SPF (Sun Protection Factor) yang Sesuai:

  • SPF 30 dapat Memblokir 97% sinar UVB. Ideal untuk aktivitas sehari-hari.
  • SPF 50+ bisa Memblokir 98% sinar UVB. Cocok untuk aktivitas outdoor di bawah sinar matahari terik, berenang, atau kondisi ekstrem.

Rekomendasi Produk

Beauty of Angel Sunscreen memiliki SPF 50 PA+++. Sunscreen ini sangat mampu melindungi kulit dari UVA dan UVB, sehingga mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Sunscreen ini bisa juga digunakan oleh remaja mulai dari umur 16 tahun, loh! 

SPF 50 PA+++ adalah tabir surya yang dapat melindungi kulit dari UVA & UVB, sehingga kulit terlindung dari efek buruk sinar matahari. Kandungan Niacinamide dalam produk tabir surya ini berfungsi sebagai blue light protection. Selain itu, bahan Scutellaria Baicalensis Root Extract bersifat antioksidan yang dapat menutrisi dan menjaga agar kulit tetap lembab.

Penggunaan sunscreen sebelum beraktivitas menjadi hal yang sangat wajib untuk dilakukan. Sebab, sinar matahari yang mengandung melanin sangat mampu merusak kulit kamu. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh melewatkan pemakaian sunscreen sebelum beraktivitas. Beauty of Angel Sunscreen sangat cocok digunakan sebelum beraktivitas, sebab bisa melndungi kulit kamu dari bahayanya sinar matahari. Pastikan untuk reapply sunscreen setiap 2 jam sekali,  ya!

Penutup

Memiliki kulit cerah dan sehat bukan hanya dambaan, tapi juga investasi untuk masa depan. Kulit yang terawat dengan baik akan memancarkan aura positif dan meningkatkan rasa percaya diri.

Meskipun berbagai produk kecantikan menawarkan solusi instan, bahan-bahan alami patut diperhitungkan sebagai alternatif yang aman dan ramah lingkungan.

Tips sederhana seperti memilih bahan alami yang tepat, melakukan tes alergi, dan menggunakannya secara rutin, dapat membantumu meraih kulit cerah dan sehat.

Ingatlah, kunci utama adalah konsistensi dan kesabaran. Jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, tidur yang cukup, dan mengelola stres dengan baik.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?