fbpx

Apa Saja Kandungan Skincare yang Harus DIhindari Ibu Hamil?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Table of Contents

Masa kehamilan membawa perubahan besar bagi seorang wanita. Di tengah perubahan hormon saat hamil, menjaga kesehatan dan kecantikan kulit menjadi hal yang tak kalah penting. 

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa masa ini juga membuat ibu hamil harus lebih berhati-hati, tidak terkecuali saat memilih skincare. Pasalnya, beberapa kandungan dalam produk skincare dapat membahayakan kesehatan janin.

Artikel ini akan mengupas tuntas tentang kandungan skincare yang sebaiknya dihindari ibu hamil, tips memilih produk yang aman, serta langkah-langkah merawat kecantikan alami selama kehamilan.

Kandungan Skincare yang Harus Diwaspadai Ibu Hamil

Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Digunakan Ibu Hamil

Berikut adalah kandungan skincare yang harus diwaspadai oleh ibu hamil:

Retinoid

Retinol dan turunannya seperti Retin-A dan Renova, merupakan musuh utama ibu hamil. Retinoid dapat menyebabkan cacat lahir serius pada janin. Hindari segala bentuk retinoid, baik dalam skincare maupun obat-obatan.

Asam Salisilat

Asalm salisilat menjadi bahan yang biasa ditemukan dalam produk eksfoliasi dan anti jerawat. Meskipun konsentrasi rendah pada produk topikal mungkin aman, hindari penggunaannya sebagai langkah pencegahan. Pilihlah produk alternatif yang lebih aman untuk ibu hamil.

Hydroquinone

Kandungan ini biasa digunakan dalam produk pencerah kulit. Sebab, hydroquinone dikhawatirkan dapat mengganggu perkembangan janin. Hindari penggunaan hydroquinone selama kehamilan.

Paraben

Efek jangka panjang paraben pada janin masih belum diketahui pasti. Untuk berhati-hati, pilihlah produk bebas paraben atau berbahan dasar natural.

Phthalates

Zat ini diduga dapat mengganggu hormon dan reproduksi. Phthalates umumnya ditemukan dalam berbagai kosmetik. Sebaiknya hindari penggunaannya selama hamil.

Tips Memilih Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Apa Saja Kandungan Skincare yang Harus DIhindari Ibu HamilAda beberapa tips yang bisa dilakukan saat memilih skincare untuk ibu hamil, di antaranya sebagai berikut:

Konsultasikan dengan dokter kulit

Minta rekomendasi dokter kandungan terkait produk skincare yang aman selama hamil. Dokter akan membantu memilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit dan kebutuhan Ibu.

Baca label dengan teliti

Perhatikan kandungan bahan aktif dan peringatan yang tertera pada kemasan produk. Pastikan produk tersebut bebas dari bahan-bahan yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin.

Pilih bahan natural

Skincare berbahan dasar natural umumnya lebih aman untuk ibu hamil. Carilah produk yang menggunakan bahan-bahan alami seperti lidah buaya, chamomile, dan mentimun.

Fokus pada hidrasi

Jaga kelembapan kulit dengan menggunakan pelembab hypoallergenic. Minum air putih yang cukup juga penting untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Lindungi kulit dari sinar matahari

Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan berlabel “broad spectrum”. Paparan sinar matahari berlebihan dapat menyebabkan hiperpigmentasi dan kerusakan kulit lainnya.

Merawat Kecantikan Alami Ibu Hamil

Kandungan Skincare yang Mesti Dihindari Ibu Hamil

Selain penggunaan skincare, merawat kesehatan kulit juga bisa dilakukan dengan cara alami. Berikut beberapa tips untuk merawat kecantikan alami selama kehamilan: 

  • Konsumsi makanan sehat

Perbanyak konsumsi buah, sayur, dan protein untuk menutrisi kulit dari dalam. Selain bagus untuk kesehatan janin, mengonsumsi makanan sehat juga bagus untuk kesehatan kulit. 

  • Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup bisa membantu regenerasi kulit dan menjaga kesegaran wajah. Pastikan untuk tidur selama 7-8 jam perhari, ya, moms!

  • Kelola stres

Stres dapat memperburuk kondisi kulit. Lakukan aktivitas relaksasi seperti yoga atau meditasi. Selain bisa memberikan dampak negatif pada kulit, stres juga bisa mempengaruhi kondisi janin. Oleh sebab itu, pastikan kamu mengelola stres dengan baik agar terhindar dari dampak buruknya. 

  • Minum air putih yang cukup

Dehidrasi dapat membuat kulit kusam dan kering. Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari.

Rekomendasi Produk

Penggunaan skincare dengan kandungan aman sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Sebab, tidak semua kandungan skincare tidak boleh digunakan saat hamil. Sehingga, kamu harus selektif dalam memilih produk perawatan wajah saat hamil. 

Beauty of Angel White Tomato Series menjadi pilihan skincare yang tepat untuk kamu, ibu hamil yang masih bingung dalam menentukan skincare rutin.

Kamu tidak perlu khawatir dengan kandungannya, sebab skincare ini berbahan dasar white tomato yang sangat bagus untuk kecantikan kulit. White tomato memiliki banyak antioksidan yang sangat cocok membantu kulit untuk mendapatkan hasil yang cerah alami. 

Likopen dan beta karoten tinggi yang terdapat pada white tomato dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Niacinamide yang terkandung dalam Beauty of Angel White Tomato Series dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Glutathione yang terdapat pada skincare ini juga bisa membantu kulit menghambat produksi melanin dan mencerahkan kulit.

Rangkaian skincare ini sudah terdaftar di BPOM, jadi jangan khawatir, ya! Untuk kamu yang sedang hamil, skincare ini  sangat aman untuk kamu gunakan. 

Penutup

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Ibu hamil dapat tetap tampil cantik dan sehat selama kehamilan. Ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kulit atau dokter kandungan untuk mendapatkan saran yang tepat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?