fbpx

Apa Pentingnya Menjaga Hidrasi Kulit?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Pentingnya Jaga Hidrasi Kulit

Table of Contents

Kulit adalah organ tubuh terluas yang kita miliki. Layaknya benteng terdepan, kulit bertugas melindungi kita dari berbagai macam gangguan eksternal, mulai dari paparan sinar matahari, debu, hingga serangan bakteri. 

Namun, seiring berjalannya waktu seperti faktor lingkungan, kesehatan dan kecantikan kulit bisa menurun. Salah satu kunci untuk menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya adalah dengan menjaga hidrasinya.

Artikel ini akan membahas pengertian hidrasi kulit, pentingnya hidrasi kulit, serta dampak yang ditimbulkan jika kulit kurang terhidrasi. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan berbagai tips ampun untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik. 

Mengenal Hidrasi Kulit

Apa Pentingnya Menjaga Hidrasi Kulit

Hidrasi kulit adalah kondisi di mana permukaan kulit terlihat lembap. Terjadinya keseimbangan kadar air pada lapisan epidermis dan dermis menjadi salah satu tanda kulit yang terhidrasi dengan baik. 

Epidermis mengandung sekitar 10-20% air, sementara dermis memiliki kandungan air yang lebih tinggi, yaitu sekitar 70%. Kadar air inilah yang berperan penting dalam menjaga berbagai fungsi penting kulit.

Fungsi Utama Hidrasi Kulit

Air merupakan komponen vital yang dibutuhkan oleh sel-sel kulit untuk menjalankan fungsinya secara optimal. Berikut beberapa fungsi utama hidrasi kulit:

  • Membentuk lapisan pelindung kulit (skin barrier)

Lapisan kulit terluar (stratum corneum) berperan sebagai perisai yang melindungi tubuh dari berbagai macam gangguan eksternal. Hidrasi yang optimal membantu menjaga struktur stratum corneum sehingga fungsinya sebagai pelindung kulit menjadi lebih efektif. Biasanya, kulit yang terhidrasi dengan baik akan lebih tahan terhadap iritasi dan infeksi.

  • Menjaga elastisitas kulit

Elastisitas kulit ditentukan oleh keberadaan protein kolagen dan elastin. Kolagen memberikan struktur dan kekencangan, sementara elastin membuat kulit lentur dan elastis. 

Kurangnya hidrasi dapat mengganggu produksi kolagen dan elastin, sehingga kulit menjadi kendur dan rentan terhadap kerutan.

  • Mendinginkan kulit

Saat cuaca panas, tubuh berkeringat untuk mengatur suhu internal. Namun, proses ini juga bisa membuat kulit kehilangan kelembapannya. 

Kulit yang terhidrasi dengan baik dapat mengatur suhu tubuh secara lebih efektif dan mencegah dehidrasi akibat penguapan keringat yang berlebihan.

  • Membantu proses regenerasi kulit

Kulit secara alami mengalami proses regenerasi, yaitu pergantian sel-sel kulit mati dengan sel-sel kulit baru. Hidrasi yang optimal membantu proses regenerasi ini berjalan dengan lancar sehingga kulit tampak lebih sehat dan bercahaya.

  • Menjaga keseimbangan minyak alami

Kulit secara alami memproduksi minyak (sebum) untuk menjaga kelembapannya. Namun, pada kulit yang kering dan dehidrasi, produksi sebum justru bisa meningkat secara berlebihan. Hal ini dapat memicu timbulnya jerawat.

  • Mempermudah penyerapan produk perawatan kulit

Pentingnya Menjaga Hidrasi Kulit

Produk perawatan kulit seperti pelembab, serum, dan masker akan bekerja lebih optimal pada kulit yang terhidrasi dengan baik. Kulit yang kering akan cenderung ‘menolak’ produk sehingga manfaatnya tidak bisa dirasakan secara maksimal.

Dampak Kulit Dehidrasi

Kurangnya hidrasi pada kulit (dehidrasi) dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan dan kecantikan. Gejala awal kulit dehidrasi biasanya berupa kulit yang terasa kering, kasar, dan mudah terkelupas. Berikut beberapa dampak jangka panjang yang bisa ditimbulkan oleh kulit kering dan dehidrasi:

  • Penuaan dini

Seberapa Penting Menjaga Hidrasi Kulit

Kulit dehidrasi lebih rentan terhadap munculnya garis halus, kerutan, dan kendur. Hal ini disebabkan karena terganggunya produksi kolagen dan elastin akibat kurangnya hidrasi.

  • Kulit kusam dan tidak bercahaya

Kulit dehidrasi akan terlihat kusam dan tidak bercahaya karena kemampuannya untuk memantulkan cahaya berkurang.

  • Jerawat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kulit kering dapat memicu produksi minyak berlebih yang berpotensi menimbulkan jerawat.

Rekomendasi Produk

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga hidrasi kulit adalah dengan penggunaan skincare. Penggunaan skincare bisa membantu jaga kelembapan kulitmu. Beauty of Angel White Tomato Series menjadi produk perawatan wajah yang cocok untuk menjaga hidrasi kulitmu. 

Skincare ini memiliki beberapa kandungan yang bagus untuk atasi kulit kering, salah satunya white tomato. White tomato juga mengandung vitamin C yang penting untuk produksi kolagen. Kolagen bisa membantu kulit untuk tetap kenyal dan elastis. 

Likopen dan beta karoten yang terdapat pada white tomato bisa bantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Skincare ini juga mengandung glutathione yang bisa bbantu hambat produksi melanin dan mencerahkan kulit wajah. 

Niacinamide yang dapat bantu mencerahkan kulit wajah. Kandungan Niacinamide pada Beauty of Angel White Tomato Series bisa bantu mencerahkan, melembapkan, dan melindungi kulitmu dari kerusakan akibat sinar matahari. 

Beauty of Angel White Tomato Series memiliki empat skincare, di antaranya Face Wash, Face Toner, Day Cream, serta Night Gel. Pastikan kamu menggunakan seluruh rangkaian skincarenya untuk mendapatkan hasil yang optimal, ya!

Penutup

Menjaga kulit agar tetap terhidrasi merupakan faktor yang sangat penting untuk jaga kesehatan kulitmu. Akan ada beberapa dampak buruk jika kamu tidak menjaga hidrasi kulit, seperti penuaan dini, kulit kusam, bahkan jerawat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?