fbpx

 8 Langkah Menjaga Area Selangkangan Dengan Baik  

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

freepik-8 langkah menjaga area selangkangan

Bagian tubuh yang sering menjadi pusat perawatan tidak hanya wajah, bagi wanita selangkangan adalah aset yang harus dijaga dan dirawat keindahanya. Area selangkangan cenderung memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan area tubuh lain. Penyebabnya adalah penumpukan sel kulit mati di area selangkangan yang sering terhimpit atau bergeser sehingga membuatnya lebih gelap. Banyak cara untuk mengembalikan selangangkan yang cerah, berikut adalah langkah-langkah untuk merawat selangkangan yang baik.

1. Rutin Membersihkan Selangkangan

pexels-eksfoliasi
sumber: pexels

 

Membersihkan area selangkangan adalah langkah pertama yang sangat penting. Gunakan sabun ringan dan air hangat saat mandi atau membersihkan area selangkangan. Pastikan untuk membersihkan dengan lembut, hindari menggosok terlalu keras agar tidak menyebabkan iritasi pada selangkangan.

2. Pastikan Selalu Kering 

pexels-perbedaan hasil yang didapatkan
sumber: pexels

Setelah membersihkan area selangkangan, pastikan untuk mengeringkannya dengan lembut menggunakan handuk bersih. Hindari menggosok area ini terlalu keras, karena kulit di area selangkangan cenderung lebih sensitif.

3. Pilih Pakaian yang Sesuai

pexels-gunakan pakaian yang sesuai
sumber: pexels

Pakaian yang terlalu ketat atau berbahan sintetis dapat menyebabkan iritasi pada area selangkangan. Sebaiknya pilih pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan alami seperti katun untuk menghindari gesekan berlebihan pada kulit. gunakan pakaian dalam yang dapat menyerap keringat dengan baik agar area selangkangan tidak berbau. 

4. Gunakan Pencerah Untuk Selangkang

menggunakan produk deodorant maupun underarm yang mengandung tawas sebagai bahan baku- Beauty of Angel
sumber : Beauty of Angel

 

Pilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda terutama bila anda menggunakan di area selangkangan. Area selangkangan sangat sensitif karena itu gunakan produk yang tepat dan aman untuk area selangkangan, hindari produk yang mengandung pewangi atau alkohol. Produk yang mengandung bahan alami seperti aloe vera atau chamomile dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan menjadi alternatif produk perawatan selangkangan.

5. Hindari Cukuran yang Berlebihan

freepik-mencukur
sumebr: freepik

Cukuran yang terlalu sering atau terlalu dekat dengan kulit dapat menyebabkan iritasi. Pastikan untuk menggunakan pisau cukur yang tajam dan bersih, dan cukur dengan hati-hati. Mencukur berlebihan juga dapat menyebabkan kuit menjadi lebih gepa dan kasar.

6. Eksfoliasi dengan Lembut

Underarm-BOA
sumber: Beauty of Angel

Eksfoliasi dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mencegah masalah seperti hiperpigmentasi. Gunakan scrub eksfoliasi yang lembut untuk menggosok area selangkangan secara berkala, seperti seminggu sekali.

7. Atur Gaya Hidup  

pexels-hindari gesekan berlebih
sumber: pexels

Pola hidup yang sehat memiliki dampak besar pada kesehatan kulit. Konsumsi makanan bergizi dan minumlah cukup air untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Rutin berolahraga serta hindari mengkonsumsi rokok dan alkohol akan membuat tubuh menjadi lebih sehat serta kulit dapat terjaga dengan baik.

8. Konsultasi dengan Dokter Kulit

freepik-perawatan medis
sumber: freepik

Jika Anda mengalami masalah kulit serius di area selangkangan, seperti ruam yang tidak kunjung hilang atau perubahan warna kulit yang mencurigakan, segera konsultasikan dengan dokter kulit. Mereka dapat memberikan diagnosis yang akurat dan saran perawatan kulit  yang lebih spesifik.

Dengan merawat area selangkangan dengan baik, Anda dapat menjaga kulit tetap sehat dan nyaman. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, jadi penting untuk menyesuaikan rutinitas perawatan kulit Anda sesuai dengan kebutuhan kulit Anda sendiri. Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat menjaga kesehatan dan kenyamanan area selangkangan Anda.

Add Your Heading Text Here

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?