fbpx

8 Kebiasaan Sepele yang Bikin Ketiak Bau

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Kebiasaan Sepele yang Bikin Ketiak Bau

Table of Contents

Ketiak yang bau tidak hanya mengganggu kenyamanan diri sendiri, tetapi juga orang lain di sekitar. Bau badan yang menyengat dapat menurunkan rasa percaya diri dan membuatmu merasa tidak nyaman dalam beraktivitas

Bau tidak sedap pada ket.iak akan muncul saat bakteri di kulit memecah lemak dan protein pada keringan dan mengubahnya menjadi asam. Selain itu, bau tidak sedap pada ketiak juga dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh seseorang. 

Tahukah kamu bahwa ada beberapa kebiasaan sepele yang bisa bikin ketiak bau? Artikel ini akan membahas apa saja kebiasaan sepele yang bisa membuat ketiakmu bau. Untuk mendapatkan informasinya, simak artikel ini sampai selesai, ya!

Kebiasaan yang Membuat Ketiak Bau

Ada beberapa kebiasaan yang harus kamu hindari, sebab bisa membuat ketiakmu menjadi bau. Berikut beberapa di antaranya:

Jarang Mencukur Rambut Ketiak

Rambut ketiak dapat menjebak keringat, bakteri, dan kotoran, sehingga menyebabkan bau badan. Cukurlah rambut ketiak secara rutin, minimal 2-3 kali seminggu.

Tidak Menggunakan Deodoran atau Antiperspiran

8 Kebiasaan Sepele yang Bikin Ketiak Bau

Deodoran dan antiperspiran membantu melawan bakteri penyebab bau badan dan mengurangi keringat. Gunakan deodoran atau antiperspiran setiap hari, terutama setelah mandi atau beraktivitas fisik.

Memakai Pakaian Ketat Berbahan Sintetis

Pakaian ketat berbahan sintetis dapat membuat ketiak lembap dan panas, sehingga bakteri penyebab bau badan lebih mudah berkembang biak. Pilihlah pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan yang menyerap keringat, seperti katun.

Konsumsi Makanan Tertentu

Beberapa makanan, seperti bawang putih, bawang merah, dan makanan pedas, dapat meningkatkan produksi keringat dan menyebabkan bau badan. Hindari konsumsi makanan tersebut secara berlebihan jika kamu memiliki masalah bau badan.

Merokok

Merokok dapat memperburuk bau badan. Nikotin dan bahan kimia lainnya dalam rokok dapat menempel pada kulit dan pakaian, sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

Kurang Minum Air Putih

Minum air putih yang cukup membantu tubuh mengeluarkan racun dan detoksifikasi tubuh. Kurang minum air putih dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat bau badan lebih menyengat.

Stres

Kebiasaan yang Bikin Ketiak Bau

Stres dapat meningkatkan produksi keringat dan memperburuk bau badan. Tubuh akan mengeluarkan cairan berwarna putih yang terdiri dari air, lemak, dan protein saat stres.  

Setelah cairan tersebut bercampur dengan bakteri alami pada kulit, bakteri akan memakan keringat dan menghasilkan bau badan. Hal tersebut yang menjadi penyebab mengapa saat stres keringat menjadi lebih bau. 

Lakukan aktivitas yang dapat membantumu mengelola stres, seperti yoga, meditasi, atau mendengarkan musik.

Memiliki Kondisi Medis Tertentu

Beberapa kondisi medis, seperti diabetes, hipertiroidisme, dan penyakit ginjal, dapat menyebabkan bau badan. Jika kamu memiliki bau badan yang tidak kunjung membaik meskipun sudah menerapkan gaya hidup sehat, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Tips tambahan

Kebiasaan yang Membuat Ketiak Bau

Berikut beberapa tips tambahan yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan perawatan ketiakmu:

  • Gunakan sabun antibakteri untuk membersihkan ketiak.
  • Keringkan ketiak dengan handuk bersih setelah mandi.
  • Hindari penggunaan parfum atau cologne berlebihan di area ketiak.
  • Gunakan bedak antiperspiran untuk membantu menyerap keringat.
  • Konsultasikan dengan dokter kulit jika kamu memiliki masalah bau badan yang parah.

Rekomendasi Produk

Perawatan ketiak menjadi hal yang sangat  penting untuk dilakukan. Salah satu cara untuk melakukan perawatan pada ketiak adalah dengan menggunakan underarm cream. Beauty of Angel Underarm Cream dapat menjadi produk yang cocok untuk kamu yang ingin merawat ketiak. Underarm cream ini dapat mencegah bau badan dalam tubuhmu. 

Beauty of Angel Underarm Cream ini memiliki kandungan utama Collagen yang diperkaya dengan Niacinamide dapat membuat kulit lipatan menjadi lebih cerah. Selain itu, formulasi Chamomile Extract dan Tawas yang terkandung dalam produk ini juga bisa berfungsi sebagai anti bakteri yang dapat menghilangkan bau badan. 

Produk ini juga sudah terdaftar di BPOM dan terjamin kehalalannya, sehingga aman untuk digunakan. 

Penutup

Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan sepele ini dan menerapkan gaya hidup sehat, kamu bisa menjaga ketiak tetap segar dan bebas bau. Ingatlah bahwa konsistensi adalah kunci utama. Lakukan rutinitas perawatan ketiakmu secara teratur dan kamu akan merasakan manfaatnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?