fbpx

5 Mitos Seputar Sunscreen, Mana yang Benar?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

5 Mitos Seputar Sunscreen

Sunscreen adalah produk penting untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Sinar UV matahari dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti sunburn, penuaan dini, dan bahkan kanker kulit.

Namun, masih banyak orang yang memiliki mitos dan kesalahpahaman tentang sunscreen. Hal ini dapat membuat mereka enggan menggunakan sunscreen atau tidak menggunakannya dengan benar.

Artikel ini membahas mengenai apa saja mitos yang beredar di masyarakat seputar sunscreen. Untuk mendapatkan faktanya, pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai, ya!

Mitos yang Beredar tentang Sunscreen

Mitos Seputar, Mana yang Benar

Berikut beberapa mitos dan fakta seputar sunscreen yang perlu kamu ketahui:

Sunscreen Hanya untuk Orang Kulit Gelap

Faktanya, semua orang perlu menggunakan sunscreen. Sebab, sinar UV matahari dapat merusak kulit semua orang, bahkan orang dengan kulit gelap. Sinar matahari memancarkan sinar ultraviolet (UV) yang dapat menembus kulit dan menyebabkan kerusakan sel. 

Paparan sinar UV berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti sunburn, kulit iritasi, bahkan penuaan dini.

Gunakan Sunscreen Hanya Saat Cuaca Panas

5 Mitos Sunscreen, Mana yang Benar

Faktanya, sinar UV matahari dapat menembus awan dan kaca, sehingga kamu tetap perlu menggunakan sunscreen bahkan saat cuaca mendung atau di dalam ruangan.

Semakin Tinggi SPF, Perlindungan Makin Maksimal

Faktanya, SPF menunjukkan tingkat perlindungan terhadap sinar UVB. Sunscreen dengan SPF 30 melindungi 97% sinar UVB, sedangkan SPF 100 hanya melindungi 99%. Kamu tetap perlu mengaplikasikan sunscreen kembali setiap 2 jam, regardless of SPF, terutama jika kamu berkeringat atau berenang.

Sunscreen Bisa Menyumbat Pori-pori dan Jerawat

Faktanya, banyak sunscreen yang non-comedogenic, artinya tidak menyumbat pori-pori. Pilihlah sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit kamu, terutama jika kamu memiliki kulit berminyak atau berjerawat.

Sunscreen mengandung bahan kimia berbahaya.Fakta: Banyak sunscreen yang menggunakan bahan kimia yang aman dan efektif untuk melindungi kulit dari sinar UV. Pilihlah sunscreen yang bebas paraben dan pewangi.

Tips Memilih Sunscreen

5 Mitos Seputar Sunscreen, Mana yang Benar

Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Memilih sunscreen yang tepat tidak boleh asal, perhatikan beberapa tips berikut ini:

Pertimbangkan SPF

Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30. Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, pilihlah sunscreen dengan SPF 50+ untuk melindungi kulitmu dari dampak buruk sinar matahari. 

Pertimbangkan Spektrum Lebar (Broad Spectrum)

Pastikan sunscreen memiliki label “broad spectrum protection”. Artinya, sunscreen tersebut melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Sinar UVA menembus lapisan kulit lebih dalam dan berperan dalam penuaan dini serta kerutan. Sementara sinar UVB menyebabkan kulit terbakar.

Perhatikan Formula

Sesuaikan formula sunscreen dengan jenis kulit kamu:

  1. Untuk kulit berminyak, pilih sunscreen bertekstur ringan, bebas minyak, seperti lotion atau gel.
  2. Untuk kulit kering, pilih sunscreen yang melembapkan, seperti lotion atau krim.
  3. Untuk kulit berjerawat, cari sunscreen berlabel “non-comedogenic”, yang artinya tidak menyumbat pori-pori.

Rekomendasi Produk

Penggunaan sunscreen sangat penting untuk menjaga kulitmu dari sinar matahari. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh melewatkan pemakaian sunscreen sebelum beraktivitas, terlebih saat berenang. Sebab saat berenang, cahaya matahari bisa langsung terpapar ke kulitmu. 

Beauty of Angel Sunscreen memiliki SPF 50 PA+++. Sunscreen ini sangat mampu melindungi kulit dari UVA dan UVB, sehingga mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Sunscreen ini bisa juga digunakan oleh remaja mulai dari umur 16 tahun, loh! 

SPF 50 PA+++ adalah tabir surya yang dapat melindungi kulit dari UVA & UVB, sehingga kulit terlindung dari efek buruk sinar matahari. Kandungan Niacinamide dalam produk tabir surya ini berfungsi sebagai blue light protection. Selain itu, bahan Scutellaria Baicalensis Root Extract bersifat antioksidan yang dapat menutrisi dan menjaga agar kulit tetap lembab.

Beauty of Angel Sunscreen sangat cocok digunakan sebelum beraktivitas, sebab bisa melndungi kulit kamu dari bahayanya sinar matahari. Pastikan untuk reapply sunscreen setiap 2 jam sekali,  ya!

Penutup

Dengan memahami mitos dan fakta seputar sunscreen, kamu dapat membuat keputusan yang tepat untuk melindungi kulit kamu dari bahaya sinar matahari. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu!

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?