fbpx

5 Kesalahan Umum Penggunaan Skincare yang Perlu Dihindari

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

5 Kesalahan Umum Penggunaan Skincare yang Harus Dihindari

Table of Contents

Kesalahan Dalam Penggunaan Skincare

Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit merupakan dambaan banyak orang. Skincare menjadi salah satu solusi yang banyak dipilih untuk mewujudkannya. Namun, dalam penggunaannya, banyak orang melakukan kesalahan yang justru dapat memperburuk kondisi kulit. Berikut adalah 5 kesalahan umum penggunaan skincare yang perlu dihindari:

Tidak Melakukan Double Cleansing

5 Kesalahan Umum Penggunaan Skincare yang Perlu Dihindari

Double cleansing merupakan langkah penting dalam rutinitas skincare, terutama bagi yang menggunakan makeup. Sebab, berada di luar ruangan selama seharian akan membuat kulit wajahmu terkena debu dan minyak. 

Penumpukan kotoran dan minyak pada wajah yang tidak dibersihkan secara sempurna akan menyumbat pori-pori kulit dan bisa menyebabkan jerawat. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan pembersihan secara maksimal setiap harinya. 

Tahap pertama, gunakan pembersih berbahan minyak (oil-based cleanser) untuk mengangkat makeup dan sunscreen. Kemudian, ikuti dengan pembersih berbahan dasar air (water-based cleanser) untuk membersihkan sisa kotoran dan keringat.

Rekomendasi Cleansing Balm

Cleansing balm sangat cocok untuk kamu yang sering beraktivitas di luar rumah dengan menggunakan makeup tebal. Sebab, cleansing balm mampu membersihkan kulit wajahmu secara menyeluruh tanpa sisa. Beauty of Angel Zero Cleansing Balm menjadi rekomendasi cleansing balm yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. 

Cleansing balm ini adalah produk kecantikan yang digunakan untuk membersihkan wajah dari kotoran, minyak, dan makeup. Balm ini berbentuk padat dan biasanya dibuat dari bahan-bahan alami seperti minyak kelapa, minyak biji anggur, dan minyak jojoba, yang bertujuan untuk melembabkan dan membersihkan kulit wajah tanpa membuatnya kering.

Melewatkan Pelembab

5 Kesalahan Umum Saat Menggunakan Skincare yang Harus Dihindari

Tidak menggunakan pelembap sebelum beraktivitas jadi salah satu kesalahan penggunaan skincare yang sering dilakukan. Pelembab memiliki peran penting dalam menjaga hidrasi kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terasa lebih kenyal dan elastis. Hal ini membantu mencegah munculnya garis halus dan kerutan.

Selain itu, kulit yang terhidrasi juga bisa bantu menjaga skin barrier tetap sehat dan kuat. Melewatkan pelembab, bahkan pada kulit berminyak, dapat menyebabkan kulit kering, kusam, dan mudah iritasi. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Menggunakan Produk yang Tidak Sesuai Jenis Kulit

Setiap jenis kulit memiliki kebutuhan yang berbeda. Memakai produk yang tidak sesuai jenis kulit dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti iritasi, jerawat, atau komedo. Kenali jenis kulitmu dan pilihlah produk yang diformulasikan khusus untuk jenis kulitmu.

Memakai Produk Berlebihan

Lebih banyak produk, bukan berarti lebih baik. Penggunaan produk skincare yang berlebihan dapat membebani kulit dan menyebabkan iritasi. Sebab, Setiap produk skincare memiliki kandungan bahan aktif yang berbeda-beda. 

Penggunaan skincare berlebihan, terutama produk dengan kandungan aktif yang tinggi, dapat meningkatkan risiko iritasi dan alergi pada kulit. Gejalanya bisa berupa kemerahan, gatal, perih, bahkan muncul ruam dan jerawat.

Penggunaan skincare berlebihan, terutama produk yang bersifat comedogenic, dapat menyumbat pori-pori kulit. Hal ini dapat menyebabkan komedo, jerawat, dan bahkan milia. Oleh sebab itu, gunakanlah produk secukupnya yang sesuai dengan petunjuk penggunaan.

Malas Reapply Sunscreen

Kesalahan Umum Penggunaan Skincare yang Perlu Dihindari

Sunscreen adalah produk skincare yang paling penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Reapply sunscren menjadi hal yang sangat penting, sebab efek perlindungan sunscreen akan berkurang seiring berjalannya waktu. Gesekan pakaian atau aktivitas lainnya juga bisa menghilangkan lapisan sunscreen pada kulit. 

Reapply sunscreen dapat memastikan kulitmu akan terlindungi secara menyeluruh. Oleh sebab itu, gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 setiap pagi, dan lakukan re-apply setiap 2-3 jam, terutama setelah beraktivitas di luar ruangan. 

Tips Menghindari Kesalahan Penggunaan Skincare

  • Konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan rekomendasi skincare yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulitmu.
  • Baca dengan seksama petunjuk penggunaan produk skincare sebelum menggunakannya.
  • Lakukan tes alergi pada area kecil kulit sebelum menggunakan produk baru.
  • Dengarkan tubuhmu. Jika kamu merasakan iritasi atau ketidaknyamanan setelah menggunakan produk skincare, hentikan penggunaannya dan konsultasikan dengan dokter kulit.

Penutup

Penggunaan skincare yang tepat dapat membantu mewujudkan kulit yang sehat dan cerah. Hindari kesalahan-kesalahan di atas agar kamu dapat merasakan manfaat skincare secara maksimal. Ingatlah, kunci utama dalam penggunaan skincare adalah konsistensi dan kesabaran.

Dengan memahami cara penggunaan skincare yang benar, kamu dapat memaksimalkan manfaatnya dan mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?