fbpx

4 Dampak Buruk Sinar Matahari bagi Kulit

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

4 Dampak Buruk Sinar Matahari

Table of Contents

Sinar matahari memang memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti membantu tubuh memproduksi vitamin D. Namun, di balik manfaatnya, sinar matahari juga menyimpan bahaya tersembunyi jika tidak diwaspadai. Paparan sinar matahari berlebihan tanpa perlindungan yang memadai dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan.

Artikel ini akan membagikan penjelasan mengenai apa saja dampak buruk sinar matahari bagi kulit. Oleh sebab itu, pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan informasinya, ya!

Dampak Buruk Sinar Matahari bagi Kulit

Sinar matahari memiliki banyak dampak untuk kulitmu, berikut beberapa di antaranya:

Kulit Terbakar (sunburn)

Paparan sinar UVB yang berlebihan dapat menyebabkan kulit terbakar, dengan ciri-ciri seperti kemerahan, bengkak, perih, dan mengelupas. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30. Selain itu, pastikan juga kamu menggunakan baju yang menutupi seluruh permukaan tubuh. 

Penuaan Dini

Sinar UVA menembus lebih dalam ke kulit dan dapat menyebabkan kerusakan pada kolagen dan elastin, sehingga kulit menjadi kendur, keriput, dan muncul garis halus.

Hiperpigmentasi

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan bintik-bintik hitam, melasma, dan freckles. Sinar matahari, khususnya sinar UV, dapat menstimulasi sel-sel kulit (melanosit) untuk memproduksi lebih banyak melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit, sehingga bisa menyebabkan hiperpigmentasi pada kulitmu. 

Kanker Kulit

Sel-sel kulit akan menjadi cepat rusak jika terpapar sinar matahari secara berlebihan. Paparan sinar UV jangka panjang merupakan salah satu penyebab utama kanker kulit, seperti melanoma, basal cell carcinoma, dan squamous cell carcinoma.

Pentingnya Memakai Sunscreen

Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Sunscreen merupakan langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit untuk mencegah berbagai dampak buruk sinar matahari. Berikut beberapa alasan mengapa penggunaan sunscreen penting:

Melindungi Kulit dari Sunburn

Sunscreen dapat membantu mencegah kulit terbakar dengan menghalangi sebagian besar sinar UVB.

Mencegah Penuaan Dini

Penggunaan sunscreen secara teratur dapat membantu menunda munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis halus. 

Sinar matahari, khususnya sinar UV, dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit karena kolagen dan elastin adalah protein penting yang memberikan struktur dan elastisitas pada kulit. Paparan sinar UV jangka panjang dapat merusak serat-serat ini, menyebabkan kulit menjadi kendur, keriput,

Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Penggunaan sunscreen secara rutin dapat membantu menurunkan risiko terkena kanker kulit, termasuk melanoma.

Tips Penggunaan Sunscreen

Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat menggunakan sunscreen:

Aplikasikan Secukupnya

Gunakan sunscreen secukupnya untuk menutupi seluruh kulit yang terpapar sinar matahari. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 30ml untuk seluruh tubuh. Jangan lupakan area seperti telinga, leher, bibir (gunakan lip balm dengan SPF), punggung tangan, dan punggung bahu.

Oleskan Sebelum Terkena Sinar Matahari

Aplikasikan sunscreen minimal 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Ini memungkinkan sunscreen menempel dengan baik ke kulit kamu.

Ulangi Pemakaian

Efektivitas perlindungan sunscreen akan berkurang seiring berjalannya waktu. Umumnya, sunscreen memiliki efektivitas perlindungan maksimal selama 2 jam, terutama terhadap sinar UVB. Setelah itu, kemampuannya menangkal sinar UV menurun. 

Meskipun cuaca mendung atau berawan, sinar UVA tetap bisa menembus awan dan mencapai kulit kamu. Reapplikasi sunscreen penting dilakukan untuk melindungi kulit dari sinar UVA sepanjang hari. Lakukan reaplikasi sunscreen setiap dua jam, atau lebih sering jika kamu berkeringat atau berenang.

Rekomendasi Produk

Beauty of Angel Sunscreen memiliki SPF 50 PA+++. Sunscreen ini sangat mampu melindungi kulit dari UVA dan UVB, sehingga mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Sunscreen ini bisa juga digunakan oleh remaja mulai dari umur 16 tahun, loh! 

SPF 50 PA+++ adalah tabir surya yang dapat melindungi kulit dari UVA & UVB, sehingga kulit terlindung dari efek buruk sinar matahari. Kandungan Niacinamide dalam produk Beauty of Angel Sunscreen berfungsi sebagai blue light protection. Selain itu, bahan Scutellaria Baicalensis Root Extract bersifat antioksidan yang dapat menutrisi dan menjaga agar kulit tetap lembab.

Penutup

Sinar matahari memang memiliki manfaat, namun paparan berlebihan dapat membahayakan kulit. Memakai sunscreen secara rutin merupakan langkah penting untuk melindungi kulit dari berbagai dampak buruk sinar matahari dan menjaga kesehatan kulit. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?