fbpx

Asupan Sehat dan Olahraga, Solusi Jitu Jaga Kesehatan Mental?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Kesehatan mental adalah kondisi kesehatan seseorang yang berkaitan dengan kondisi emosi, psikis, dan kejiwaan seseorang. Menurut WHO, kesehatan mental merupakan kondisi sejahtera setiap individu dalam mewujudkan potensi diri sendiri. 

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Pikiran yang sehat memungkinkan kita untuk menjalani hidup yang bahagia dan produktif. Namun, banyak orang yang mengabaikan kesehatan mental mereka dan baru menaruh perhatian ketika sudah mengalami masalah.

Kesehatan mental merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dijaga. Sebab kesehatan mental menggambarkan kesejahteraan emosional, sosial, dan psikologis seseorang. Kesehatan mental juga mempengaruhi cara seseorang berpikir dan bertindak. Kesehatan mental yang baik juga dapat meningkatkan kualitas hidup. 

Selain itu, kesehatan mental yang baik sangat mungkin untuk membuat seseorang menikmati hidup dengan lebih maksimal. Seseorang yang menjaga kesehatan mentalnya memiliki kemungkinan juga dapat mengelola stres dengan baik. 

Mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental. Mengapa makanan dan minuman sehat berpengaruh terhadap kesehatan mental?

Memberi Nutrisi Penting Bagi Otak

Makanan dan minuman yang sehat dapat memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh otak. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi, otak dapat berfungsi dengan baik. Sebab di dalam makanan dan minuman sehat terkandung banyak protein, vitamin, mineral, dan omega 3 yang penting untuk tubuh.

Meningkatkan Energi

Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dapat membantu kamu meningkatkan energi dan tingkat fokus. Sehingga dapat membantu kamu menjalani hidup dengan lebih baik dan berenergi.

Menjaga Keseimbangan Neurotransmiter

Neurotransmiter adalah zat kimia di otak yang bertanggung jawab untuk komunikasi antar sel saraf neurotransmiter. Neurotransmiter yang seimbang dapat meningkatkan mood, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas tidur.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kesehatan pencernaan dan kesehatan mental saling terkait. Makanan dan minuman sehat dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan meningkatkan mikrobioma usus, yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Berikut adalah beberapa contoh makanan dan minuman yang dapat membantu menjaga kesehatan mental:

Makanan yang kaya vitamin B12, seperti Ikan, sapi, sereal, tuna, salmon, susu, dan telur bisa membantu menjaga kesehatan mental. Makanan kaya zat besi seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan sereal. Selanjutnya, tubuh juga memerlukan makanan kaya omega-3 seperti Ikan, kaviar, dan kedelai. Makanan yang kaya akan zinc juga dibutuhkan oleh tubuh seperti, kerang, daging, kacang-kacangan, dan cokelat hitam.

 

Minuman seperti air putih, teh hijau, susu, jus buah segar, dan minuman kolagen menjadi salah satu pilihan minuman yang bisa menjaga kesehatan mental. Mengonsumsi air putih secara rutin dapat membantu menjaga fungsi kognitif tubuh dengan optimal. Air putih membantu tubuh terhidrasi dengan baik, sehingga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Teh hijau mengandung senyawa bernama L-theanine, terbukti memiliki efek menenangkan pikiran. Minum teh hijau secara teratur dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan, serta meningkatkan mood secara alami.

Mengonsumsi susu hangat dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Susu hangat mengandung tryptophan, asam amino yang dapat membantu kamu tidur lebih cepat dan nyenyak.

Air putih mungkin merupakan minuman paling sederhana, tetapi efeknya terhadap kesehatan mental tidak boleh diabaikan. Mengonsumsi cukup air putih setiap hari membantu menjaga fungsi kognitif yang optimal.

Jus buah juga masuk ke dalam golongan minuman yang baik untuk menjaga kesehatan mental. Jus buah mengandung berbagai sumber nutrisi, vitamin, mineral, dan antioksidan penting. Antioksidan dalam jus buah dapat membantu melindungi otak dari kerusakan sel dan meingkatkan fungsi kognitif. 

Kolagen menjadi minuman yang bagus untuk menjaga kesehatan mental. Kolagen dapat membantu meningkatkan kadar neurotransmitter GABA di otak, yang berfungsi untuk menenangkan dan mengatur suasana hati. Kolagen juga dapat membantu meningkatkan kadar serotonin yang akan meningkatkan mood. 

Rekomendasi Minuman Kolagen

Beauty of Angel Collagen Drink adalah suplemen yang berbentuk minuman kolagen yang dapat digunakan untuk merawat kulit, rambut, kuku, dan persendian. Beauty of Angel Collagen Drink Diformulasikan dengan Collagen Tripeptide ikan, L-Glutathione Grade A, Vitamin A, B, C, E, varian yogurt dan Ekstrak buah strawberry asli.

  • Jaga Kesehatan Kulit

    Kolagen merupakan komponen utama dalam struktur kulit yang membantu menjaga elastisitas dan kelembaban kulit. Konsumsi Beauty of Angel Collagen Drink dapat membantu memperbaiki dan mempertahankan kesehatan kulit, serta mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit seperti garis halus dan kerutan.

  • Meningkatkan Kesehatan Rambut dan Kuku

    Kolagen juga merupakan komponen penting dalam struktur rambut dan kuku, sehingga Beauty of Angel Collagen Drink dapat membantu memperkuat rambut dan kuku, serta mencegah kerusakan dan kelemahan pada keduanya.

  • Mendukung Kesehatan Sendi

    Kolagen dapat membantu memperbaiki dan memelihara kesehatan jaringan ikat pada sendi, sehingga collagen drink dapat membantu mengurangi nyeri dan peradangan pada sendi.

  • Meningkatkan kesehatan pencernaan

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi Beauty of Angel Collagen Drink dapat membantu memperbaiki kesehatan saluran pencernaan, serta meningkatkan penyerapan nutrisi dan kekuatan dinding usus.

Selain lewat apa yang kamu konsumsi, cara lain yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan rajin berolahraga. Apa saja olahraga yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental? berikut adalah penjelasannya: 

  1. Yoga

Yoga sudah ada sejak 5.000 tahun lalu dalam tradisi India. Berbagai aliran yoga menggabungkan gerakan tubuh (postur), teknik pernapasan, dan meditasi atau relaksasi. Gerakan-gerakan tersebut dipercaya bisa meningkatkan kontrol pikiran dan tubuh, serta tentunya meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Yoga dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Yoga juga dapat meningkatkan mood, kualitas tidur, dan fokus.

  1. Berjalan kaki

Menurut KBBI, berjalan kaki adalah aktivitas berpindah tempat dengan melangkahkan kaki.  Olahraga sederhana ini ternyata punya segudang manfaat untuk Anda. Berjalan kaki adalah olahraga yang mudah dan murah yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Berjalan kaki dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Berjalan kaki juga dapat meningkatkan mood, kualitas tidur, dan energi.

  1. Berenang

Tidak hanya untuk kebugaran jasmani, lewat berenang, kamu juga dapat menjaga kesehatan mental. Berenang adalah olahraga yang menyegarkan dan menyenangkan yang dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Berenang juga dapat meningkatkan mood, kualitas tidur, dan kekuatan otot.

  1. Bersepeda

Bersepeda bisa meningkatkan hormon endorfin yang dapat membuat suasana hati tetap ceria dan semangat. Selain itu, bersepeda juga bisa meningkatkan daya ingat dan fungsi otak lho! Selain itu, bersepeda juga dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Bersepeda juga dapat meningkatkan mood, kualitas tidur, dan kebugaran kardiovaskular.

  1. Olahraga tim

Olahraga tim seperti sepak bola, bola basket, dan voli dapat membantu meningkatkan mood, mengurangi stres, dan membangun rasa kebersamaan. Olahraga tim juga dapat membantu meningkatkan keterampilan sosial dan kepercayaan diri.

Menjaga kesehatan mental adalah proses yang berkelanjutan. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, kamu dapat meningkatkan kesehatan mental kamu dan menjalani hidup yang lebih bahagia dan produktif.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?