fbpx

Cara Menentukan Undertone Kulit: Warm, Cool, atau Neutral?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Undertone kulit merupakan warna alami yang berada di bawah permukaan kulit. Skintone merupakan warna kulit yang bisa langsung terlihat oleh mata, sementara undertone biasanya tidak bisa langsung terlihat oleh mata. Ada beberapa upaya yang perlu dilakukan untuk menentukan undertone kulit yang tepat. 

Berbeda dengan skin tone yang bisa berubah saat terpapar sinar matahari, undertone memiliki sifat yang permanen dan tidak bisa diubah. Undertone biasanya akan mempengaruhi tampilan kulitmu secara keseluruhan. 

Mengetahui warna undertone yang tepat menjadi hal yang sangat penting, terutama untuk kamu yang suka berdandan. Mengetahui undertone akan berpengaruh terhadap pemilihan warna makeup dan kecocokannya pada wajah. 

Jika Belum Menemukan Undertone yang Tepat

Apakah kamu pernah kebingungan dalam memilih warna foundation yang cocok? Belum menentukan undertone yang tepat mungkin menjadi salah satu penyebabnya. Apa saja efek yang akan ditimbulkan jika belum menentukan undertone yang tepat?

Wajah Terlihat Kusam 

Warna foundation yang tidak sesuai dengan undertone dapat membuat wajahmu terlihat kusam dan tidak bercahaya. Sebab, jika belum mengetahui undertone, ada kemungkinan kamu juga salah dalam memilih shades foundation. Akibatnya, wajah bisa terlihat abu-abu atau kusam. 

Makeup Terkesan Tidak Natural 

Warna makeup yang tidak selaras dengan undertone kulit bisa membuat riasan kamu terlihat tidak natural dan menor. Misalnya, blush on warna pink dipakai pada wajah undertone warm Hasilnya  bisa  terlihat seperti  “demam”  dan tidak menyatu dengan warna kulit asli.

Kesulitan Mencapai Dimensi Wajah Ideal

Bronzer dan contour memang memiliki peran penting dalam menciptakan dimensi pada wajah. Namun, pemilihan warna yang tidak tepat berdasarkan undertone dapat berakibat fatal. Bronzer yang terlalu orange pada undertone cool akan terlihat mencolok dan tidak natural, bagaikan noda di wajah. Di sisi lain, bronzer kebiruan pada undertone warm justru akan membuat wajah terlihat kusam dan kotor.

Kurang Percaya Diri

Makeup seharusnya menjadi senjata ampuh untuk meningkatkan rasa percaya diri.  Namun,  pemilihan warna yang tidak tepat berdasarkan undertone kulit  malah  bisa  menimbulkan efek sebaliknya.

Sebaliknya, jika telah mengetahui undertone yang tepat, maka riasanmu akan sangat menyatu dengan foundation. Wajah yang cerah dan bersinar juga menjadi manfaat jika kamu sudah mengetahui undertone yang tepat. Wajah yang memiliki dimensi ideal juga akan kamu dapatkan, sebab blush on dan bronzer yang sesuai dengan undertone akan memberi kesan menyatu dengan kulit, sehingga wajah akan terlihat lebih berdimensi dan tidak flat. 

Undertone terbagi menjadi tiga kategori, yaitu:

Warm

Memiliki warna dasar keemasan, peachy, atau kuning. Biasanya, orang yang memiliki undertone warm pembuluh darahnya dominan terlihat lebih kehijauan. Perhiasan emas biasanya terlihat lebih cocok dengan undertone warm. 

Cool

Memiliki warna dasar kebiruan, merah, atau merah muda. Biasanya, orang yang memiliki undertone warm pembuluh darahnya dominan tampak lebih kebiruan. Perhiasan perak biasanya terlihat lebih cocok dengan undertone cool.

Neutral

Merupakan campuran warm dan cool undertone. Undertone netral tidak memiliki dominasi warna warm atau cool yang jelas. Pembuluh darah kamu mungkin tidak terlalu menonjol. Perhiasan emas dan perak sama-sama terlihat cocok dengan undertone netral. 

Lalu, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui undertone yang tepat?

Cek Pembuluh Darah di Pergelangan Tangan

Carilah cahaya natural dan perhatikan pembuluh darah di pergelangan tangan kamu. Jika tampak kehijauan, maka kamu condong ke arah undertone warm. Sebaliknya, jika tampak kebiruan, kemungkinan kamu memiliki undertone cool. Namun jika terlihat keduanya, maka kamu condong ke arah undertone neutral.

Eksperimen Perhiasan

Coba kenakan perhiasan emas dan perak secara bergantian. Perhiasan yang membuat wajah kamu terlihat lebih cerah dan bercahaya kemungkinan besar selaras dengan undertone kamu. Emas untuk undertone warm, perak untuk undertone cool. Namun jika terlihat keduanya, maka kamu condong ke arah undertone neutral.

Warna Vena di Dada

Trik ini sedikit berbeda. Tekan lembut area dada kamu hingga pembuluh darah terlihat. Jika warnanya kehijauan, kamu condong ke undertone warm. Jika warnanya kebiruan, kamu condong ke undertone cool. Namun jika terlihat keduanya, maka kamu condong ke arah undertone neutral.

Catatan:  Cara-cara ini bisa menjadi panduan awal, namun belum tentu akurat 100%. Faktor pencahayaan dan pigmen melanin di kulit bisa sedikit mempengaruhi hasil pengamatan.

Makeup tak selalu tentang warna. Rahasia riasan flawless terletak pada undertone, warna alami di bawah permukaan kulit. Undertones terbagi menjadi warm, cool, dan neutral. Memilih makeup yang sesuai dengan undertone dapat membuat wajah terlihat cerah, natural, dan berdimensi.

Sebaliknya, undertone yang salah berakibat fatal: wajah kusam, riasan menor, dan dimensi wajah hilang. Kepercayaan diri pun tergerus.

Temukan undertonemu dengan mudah:

  • Cek warna pembuluh darah di pergelangan tangan.
  • Eksperimen perhiasan emas dan perak.
  • Perhatikan warna vena di dada.

Gunakan pencahayaan natural saat memilih makeup, tes warna di garis rahang, dan jangan ragu untuk bereksperimen.

Ingat, yang terpenting adalah percaya diri! Makeup seharusnya meningkatkan rasa percaya diri, bukan sebaliknya. Temukan undertonemu, raih riasan flawless, dan pancarkan kecantikanmu!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?