fbpx

Polusi Udara Merusak Kecantikan Anda

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

freepik-dampak polusi pada kecantikan

Dampak Polusi Udara Pada Kecantikan 

Polusi udara tidak hanya berdampak pada Kesehatan organ dan saluran pernafasan tubuh. Kulit, sebagai organ pelindung tubuh yang terkena paparan polusi secara langsung juga terkena dampak buruk dari polusi udara. Partikel dan zat berbahaya yang terbawa oleh udara seperti karbon monoksida, benzene, dan logam berat termasuk timbal dan merkuri tersebut dapat  mengendap pada kulit dan masuk ke pori-pori memberikan berbagai masalah pada kulit. paparan polusi pada kulit yang terlalu sering dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti, 

1. Iritasi kulit

freepik-iritasi
sumber: freepik

Iritasi ini dapat disebabkan oleh partikel berbahaya yang seperti logam yang terbawa udara dan bersentuhan pada kulit terus-menerus. Membuat kulit menjadi sensitif dan timbul iritasi kulit yang cukup parah. Iritasi kulit ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari karena rasa gatal, perih, kemerahan yang tentu tidak nyaman. 

2. Jerawat 

freepik-cara mengatasi purging
sumber: freepik

Polusi yang berlebihan akan membuat kulit banyak menghasilkan sebum. Sebum adalah minyak alami yang dihasilkan kulit, Ketika jumlah minyak yang dihasilkan kulit meningkat serta partikel debu yang menyumbat pori-pori wajah akan semakin banyak menimbulkan jerawat dan komedo.

3. Penuaan dini 

pexels-1. Mencegah Penuaan Dini-BOA
Sumber : Pexels

Partikel debu juga dapat merusak lapisan pelindung kulit dan memicu radikal bebas. Ini dapat mengakibatkan kerusakan pada kolagen, elastin dan protein-protein penting yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Akibatnya kulit akan mengalami penuaan dini, timbulnya garis halus, keriput serta kulit yang kendur. 

4. Hiperpigmentasi 

freepik-penyebab purging
sumber: freepik

Polusi udara juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit, merangsang kulit untuk memproduksi melanin secara berlebih yang akan memunculkan bintik hitam dan warna kulit yang tidak merata. 

5. Kangker kulit 

freepik-kangker kulit
sumber: freepik

Polusi yang menerpa kulit berkepanjangan juga dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker kulit. Udara yang tercemar mengandung berbagai zat berbahaya, termasuk racun yang memiliki sifat karsinogenik. Zat racun ini akan masuk pada kulit dan menyebabkan kanker kulit.

Meskipun polusi kini sudah tak dapat terhindari, apalagi bagi kehidupan perkotaan dimana tingkat polusi jauh lebih tinggi dibandingkan desa maupun pelosok. Kita hanya mampu untuk mencegah paparan berlebih polusi pada tubuh kita, menggunakan masker saat keluar rumah, menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, kurangi menggunakan kendaraan bermotor, serta menjaga agar kulit tidak terpapar polusi berlebih dengan melakukan perawatan yang sesuai. 

Cara Melindungi Kulit Dari Polusi Udara 

1. Membersihkan kulit dengan teratur 

pexels-menjaga kebersihan tubuh
sumber: pexels

Penting untuk membersihkan kulit dengan lembut setiap hari terutama setelah beraktifitas keluar. Menghilangkan debu dan polusi yang nempel membuat kulit tidak terlalu lama terkena zat berbahaya yang terbawa polusi. Jangan lupa gunakan pembersih yang cocok dengan kulit Anda.

2. Gunakan sunscreen 

BoA Body Lotion 05902
sumber: Beauty of Angel

Sunscreen tidak hanya melindungi kulit dari paparan gelombang panas matahari. Penggunaan sunscreen juga penting untuk melindungi kulit dari radiasi UV yang dapat diperburuk oleh polusi udara. 

3. Hindari paparan  jangka panjang 

freepik-hindarai paparan berlebih
sumber: freepik

Cobalah untuk menghindari paparan polusi udara yang berlebihan dengan tidak tinggal terlalu lama di tempat-tempat yang sangat terpolusi atau menggunakan masker saat ada di lingkungan berpolusi.

4. Perawatan kulit rutin 

BoA-HandSoap-02619 1
sumber: Beauty or Angel

Merawat kulit secara teratur dengan menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda dapat membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh polusi udara. 

Polusi udara memiliki dampak yang sangat mengerikan bagi Kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit. penuaan dini, iritasi, hingga kanker kulit adalah beberapa dampak negatif yang dapat terjadi. Namun, dengan perawatan kulit yang tepat dan tindakan pencegahannya dapat melindungi kulit dari dampak buruk polusi udara. Selalu ingat untuk menjaga kebersihan kulit dan menggunakan produk perawatan yang sesuai untuk menjaga kulit tetap cantik dan sehat.

Add Your Heading Text Here

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?