fbpx

Penyebab Selangkangan yang Gelap dan Cara Mengatasinya

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

pexels-gunakan pakaian yang sesuai

Kecantikan telah menjadi identitas yang tidak bisa dilepaskan dari wanita. Merawat kecantikan bagi wanita adalah hal yang wajib untuk dilakukan bahkan pada area yang jarang terlihat seperti selangkangan. Selangkangan yang gelap sudah menjadi momok yang menakutkan bagi wanita, masalah ini dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. Terutama bagi yang sudah memiliki pasangan maupun yang akan memiliki pasangan, jangan sampai Anda merasa malu terhadap pasangan karena selangkangan yang gelap dan tidak terawat.

Tapi apa sebenarnya yang menyebabkan selangkangan menjadi gelap?  Selangangkan gelap tak serta muncul. Ada beberapa penyebab utama munculnya selangkangan yang gelap. Dalam artikel ini, kita akan mencari tahu beberapa penyebab umum selangkangan yang gelap dan memberikan wawasan dan rekomendasi untuk Anda dalam mengatasi selangkangan gelap.

Penyebab Selangkangan yang Gelap

pexels-penyebab selangkangan gelap
sumber: pexels

1. Gesekan Kulit

Gesekan yang berulang-ulang antara kulit di area selangkangan dapat menyebabkan iritasi dan peradangan. Hal ini dapat memicu peningkatan produksi melanin, yang menghasilkan warna kulit yang gelap. Selain itu penggunaan celana yang terlalu ketat dengan bahan yang kasar juga dapat menyebabkan selangkangan gelap karena membuat keringat tak terserap dan akan menumpuk menjadi sel kulit mati. 

2. Perubahan Hormonal

Fluktuasi hormon dalam tubuh, seperti yang terjadi selama kehamilan atau menstruasi, dapat mempengaruhi warna kulit. Ini bisa membuat selangkangan menjadi lebih gelap. Perubahan hormon juga dapat dipicu dan tanda dari berbagai penyakit seperti stress dan obesitas. Hormon yang tidak stabil dapat memperparah selangkangan yang gelap dan menjadi sulit diatasi.

3. Bertambahnya Usia

Bertambahnya usia juga dapat menimbulkan selangkangan yang gelap. Hal ini disebabkan karena usia yang semakin bertambah mempengaruhi kinerja kulit  untuk mengatur dan memproduksi melanin menjadi menurun. Membuat kulit memiliki warna yang gelap di beberapa bagian tubuh dan selit untuk melakukan pengelupasan sel kulit mati. 

4. Reaksi Terhadap Produk Kimia: Penggunaan produk kimia yang keras, seperti depilatory creams atau waxing, di area selangkangan dapat menyebabkan iritasi dan perubahan warna kulit.

5. Kebiasaan Mencukur 

Mencukur tentu sangat penting untuk kebersihan area selangkangan. Akan tetapi cara mencukur yang salah justru dapat menyebabkan selangkangan menjadi gelap. Tentu saja, mencukur di area ini tidak bisa asal dan sebaran dilakukan, selangkangan merupakan area intim yang sensitif dibandingkan area tubuh lain. Gunakan alat dan metode mencukur yang baik dan steril agar tidak membuat area selangkangan iritasi.

6. Mengkonsumsi Obat-Obatan tertentu 

Mengkonsumsi obat-obatan yang dapat merangsang hormon seperti pil KB juga dapat mempengaruhi warna selangkangan. Kandungan yang dimiliki beberapa obatan-obatan dapat membuat hormon menjadi tidak stabil dan memicu kenaikan berat badan pada beberapa kasus. Tentu ini akan meningkatkan terjadinya gesekan berlebih pada kulit selangkangan.   

Cara Mengatasi Selangkangan yang Gelap

freepik-8 langkah menjaga area selangkangan
sumber: freepik

1. Perawatan Kulit

Pertahankan kebersihan kulit selangkangan dengan mencuci secara teratur menggunakan sabun ringan. Hindari penggunaan sabun yang keras yang dapat mengiritasi kulit.

2. Hindari Gesekan Berlebihan

Gunakan pakaian yang longgar dan berbahan alami untuk menghindari gesekan berlebihan pada kulit selangkangan.

3. Konsultasi dengan Dokter Kulit

Jika selangkangan yang gelap Anda tidak kunjung membaik, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit. Mereka dapat memberikan perawatan yang lebih lanjut, seperti penggunaan krim pemutih yang diresepkan.

4. Perubahan Gaya Hidup

 Jika mungkin, hindari penggunaan produk kimia yang keras di area selangkangan dan perhatikan perubahan gaya hidup yang lebih sehat, seperti makan makanan bergizi dan menjaga kestabilan hormon. Anda juga dapat mengetahui tips perawatan selangkang pada artikel berikut.

Kesimpulan

Selangkangan yang gelap adalah masalah kulit yang umum, dan penyebabnya bervariasi. Dengan perawatan yang tepat dan pencegahan yang cermat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memiliki kulit selangkangan yang lebih cerah dan sehat. Jika Anda memiliki kekhawatiran khusus tentang selangkangan yang gelap, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit untuk saran yang lebih lanjut.

Add Your Heading Text Here

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?