fbpx

Gejala stress dan perbedaanya dengan gangguan kesehatan mental 

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

pexels-pisikolog

Walau sering dianggap sama, nyatanya stress dan gangguan kesehatan mental merupakan dua hal yang berbeda. Memang benar bahwa stress berkaitan dengan gangguan kesehatan mental, apalagi bila stress dibiarkan dalam waktu panjang dan tidak ditangani dengan baik. Namun, penting untuk memahami perbedaan antara tanda-tanda stres dan masalah kesehatan mental yang lebih serius. Informasi dibawah ini akan membantu Anda.

Tanda-Tanda Stres

unsplash-stres
sumbetr: unsplash
  1. Kecemasan: Orang yang mengalami stres mungkin merasa cemas atau tegang dalam situasi tertentu, tetapi perasaan ini cenderung bersifat sementara.
  2. Ketegangan Fisik: Stres dapat menyebabkan ketegangan otot, gemetaran, atau bahkan sakit kepala. Ini adalah respons fisik terhadap tekanan yang dapat berkurang setelah stres mereda.
  3. Perubahan Pola Tidur: Orang yang stres mungkin mengalami kesulitan tidur atau perubahan dalam pola tidur mereka. Ini bisa termasuk sulit tidur, tidur terlalu banyak, atau bangun terlalu awal.
  4. Perubahan Nafsu Makan: Stres juga dapat mempengaruhi nafsu makan. Beberapa orang mungkin kehilangan nafsu makan, sementara yang lain mungkin mencari kenyamanan dalam makanan.
  5. Perubahan Mood: Perubahan mood seperti mudah marah, mudah tersinggung, atau perasaan tertekan adalah gejala stres yang umum.
  6. Ketidaknyamanan Emosional: Orang yang stres mungkin merasa tidak nyaman secara emosional, tetapi ini cenderung berkaitan dengan situasi tertentu dan mereda setelah stres berlalu.

Perbedaan dengan Masalah Kesehatan Mental

freepik- stres pada perilaku
sumber: freepik
  1. Kronisitas: Salah satu perbedaan utama adalah kronisitas. Stres cenderung bersifat sementara dan berkaitan dengan situasi tertentu, sedangkan masalah kesehatan mental seperti kecemasan atau depresi seringkali berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.
  2. Disfungsi Fungsional: Masalah kesehatan mental seringkali mengganggu kemampuan seseorang untuk menjalani kehidupan sehari-hari dengan baik. Ini mungkin termasuk kesulitan dalam bekerja, belajar, atau menjalani hubungan sosial yang sehat.
  3. Gejala yang Lebih Parah: Masalah kesehatan mental seringkali menyebabkan gejala yang lebih parah, seperti pikiran bunuh diri, isolasi sosial yang ekstrem, atau perubahan yang signifikan dalam perilaku dan kepribadian.
  4. Perasaan yang Mendalam dan Berkepanjangan: Masalah kesehatan mental dapat melibatkan perasaan yang mendalam dan berkepanjangan seperti rasa putus asa, kebingungan, atau perasaan yang tidak masuk akal.
  5. Dukungan Profesional: Orang yang mengalami masalah kesehatan mental seringkali memerlukan bantuan dari profesional kesehatan mental, sementara stres biasanya dapat diatasi dengan dukungan sosial dan teknik pengelolaan stres.

Penting untuk diingat bahwa perbedaan antara stres dan masalah kesehatan mental adalah hal yang kompleks, dan jika Anda merasa bingung atau khawatir tentang perasaan Anda, berkonsultasilah dengan profesional kesehatan mental. Mereka dapat membantu mendiagnosis dan mengelola masalah kesehatan mental dengan tepat. Selain itu, tidak ada yang salah dengan mencari dukungan ketika menghadapi stres, karena itu adalah bagian normal dari pengalaman manusia.

Add Your Heading Text Here

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

placeholder
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?