fbpx

Dari Obesitas Hingga Alergi, Ini Dia 12 Efek Samping Minuman Collagen yang Harus Diketahui

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Sampul-BOA

Setiap produk kecantikan atau kesehatan memiliki efek samping, tak terkecuali collagen. Beberapa efek samping minuman collagen perlu menjadi perhatian agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Meskipun collagen memberi dampak positif yang signifikan terutama untuk kecantikan wajah, jangan lupakan efek lainnya. Untuk mengetahui efek samping dengan lebih jelas, silakan membaca artikel ini hingga tuntas.

Tren Minuman Collagen

Pengertian Minuman Collagen Pemutih (Freepik)-BOA
Sumber : Freepik

Saking ngetrend dan populernya, banyak yang menanyakan sebaiknya minum collagen pagi atau malam hari. Pertanyaan pada mesin pencarian memperlihatkan begitu banyak orang mengkonsumsi collagen yang diklaim mampu meremajakan kulit dengan optimal.

Minuman collagen adalah salah satu jenis suplemen dengan kandungan nutrisi tersuspensi dalam cairan. Pada tubuh, collagen jumlahnya mencapai 30% dan kebanyakan terdapat pada kulit.

Hanya saja, collagen ini akan semakin menurun saat usia bertambah. Maka kehilangan collagen karena usia bisa diatasi dengan mengkonsumsi minuman collagen secara teratur sesuai aturan yang berlaku.

Khasiatnya terkenal dan begitu populer terutama bagi kecantikan wanita. Seperti mengencangkan kulit, elastisitas optimal, melembabkan dan menghilangkan kerutan akibat penuaan dini.

Selain kecantikan, collagen dapat menyehatkan jantung, memaksimalkan pencernaan dan berfungsi untuk kesehatan sendi dan kerawanan tulang. Khasiat tersebut harus diambangi dengan aturan minum kolagen yang baik dan benar sesuai dosisnya.

Efek Samping Minuman Collagen

Selain banyak manfaat, ada efek samping collagen drink yang perlu diketahui pengguna. Tentunya supaya dalam mengkonsumsi tetap melihat perkembangan kulit wajah juga kesehatan tubuh dengan baik.

Agar lebih jelas, berikut beberapa efek samping minuman collagen yang perlu menjadi perhatian.

1. Diabetes

1. Diabetes -BOA
Sumber : Freepik

Risiko awal dalam mengkonsumsi minuman collagen adalah pemicu munculnya penyakit diabetes. Kandungan gula dalam minuman sebagai tambahan cita rasa akan menimbulkan dampak bagi tubuh.

Jika pengguna tidak memiliki riwayat diabetes dalam gen atau keluarga mungkin cenderung aman. Namun, jika sudah memiliki bibit penyakit gula ini perlu kehati-hatian ketika mengkonsumsi collagen.

2. Obesitas

2. obesitas-BOA
Sumber : Freepik

Efek samping utama yang perlu diketahui adalah dapat muncul kegemukan atau obesitas.

Berhubungan erat dengan kadar gula dalam minuman, maka collagen memicu terjadinya kegemukan tubuh. Tentunya hal ini tidak disarankan untuk yang sedang menjalani program diet.

3. Muncul Alergi

3. timbul alergi -BOA
Sumber : Freepik

Efek samping collagen pemutih dapat memunculkan alergi pada tubuh. Tubuh yang tidak cocok akan menimbulkan respon tidak normal karena sistem imun tubuh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Maka ada pantangan minum jenis tertentu bagi pengidap alergi karena efeknya bisa bermacam-macam dan sangat mengganggu. Alergi atau hipersensitivitas biasanya timbul jika bahan baku minuman collagen dari marine collagen atau jenis ikan.

Baca Juga: 10 Minuman Penghilang Jerawat yang Ampuh dan Aman

4. Gangguan Pencernaan

4. ganguan pencernaan-BOA
Sumber : Pexels

Efek samping minuman collagen berikutnya timbulnya  gangguan pencernaan karena perut terasa penuh. Perut penuh akan memberi efek kurang nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas.

Bahkan ada pula yang nyeri ulu hati hingga dalam pergerakan tubuh terasa sakit. Ketika membungkuk, berbaring atau saat makan semakin terasa sakitnya.

5. Kelebihan Kadar Kalsium

 

Bahan baku dari pembuatan minuman collagen bisa dari laut berupa misalnya ikan atau jenis tulang rawan ikan hiu. Kandungan kadar kalsium ikan laut cukup tinggi sehingga ketika mengkonsumsi otomatis kalsium pengguna ikut tinggi.

Kelebihan kalsium menyebabkan nyeri tulang, kelelahan berlebihan, mual, muntah hingga jantung yang tidak normal. Maka pantangan minum collagen untuk kasus tertentu seperti ini harus menjadi perhatian khusus.

6. Timbul Bau Mulut

6. bau mulut -BOA
Sumber : Freepik

Cara konsumsi collagen yang kurang tepat dapat menimbulkan bau mulut yang akan membuat kurang nyaman. Biasanya hal ini terjadi jika collagen yang dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak.

Akhirnya bukan khasiat dan manfaat yang ada tapi malah bau mulut yang kurang sedap. Untuk  menghindarinya sebelum mengkonsumsi collagen ada baiknya melakukan konsultasi pada dokter agar dapat memilih produk sesuai kebutuhan secara tepat guna.

7. Tulang Nyeri Berlebihan

7. tulang nyeri -BOA
Sumber : Pixabay

Pada umumnya, nyeri pada tulang terjadi apabila minuman collagen mengandung bahan dasar dari sumber laut seperti kerang atau ikan. Kelebihan kalsium pada sumber laut tersebut mengakibatkan nyeri tulang berlebihan.

Pengguna yang memiliki keluhan nyeri tulang bisa mengganti produk dengan bahan dasar dari sumber lain sesuai rekomendasi dokter.

8. Susah Tidur

8. susah tidur-BOA
Sumber : Pixabay

Pada minuman collagen jenis tertentu terdapat kandungan glutamic acid. Kandungan ini dapat menyebabkan insomnia atau kurang tidur pada malam hari. Kualitas tidur yang terganggu sangat tidak nyaman maka sebaiknya menghentikan konsumsi collagen.

Sebagai pengingat agar sebelum mengkonsumsi perlu mengetahui apakah memiliki alergi terhadap glutamic acid atau tidak. Dengan begitu lebih aman dan bisa memilih minuman collagen untuk badan yang aman dengan kadar minimal glutamic acid.

9. Batu Ginjal

Pengidap batu ginjal sebaiknya lebih berhati-hati mengkonsumsi minuman collagen karena bisa menjadi endapan baru. Pemadatan tersebut terjadi bila dikonsumsi dalam waktu lama dan jumlah banyak.

Konsumsi berlebihan menyebabkan batu ginjal yang menghambat metabolisme tubuh. Untuk mengatasinya bisa minum air putih dalam jumlah banyak untuk menetralisir dan mengimbanginya.

10. Wajah Bengkak

10. wajah bengkak-BOA
Sumber : Freepik

Efek samping collagen untuk wajah yang lumayan parah adalah pembengkakan. Pembengkakan terjadi karena memiliki kelainan autoimun pada tubuh pengguna. Wajah yang bengkak dan sedikit memerah sangat mengganggu, sakit dan tidak nyaman sama sekali.

Biasanya mengkonsumsi berlebihan dan suntik collagen menjadi penyebab utama pembengkakan wajah. Masuknya zat asing yang tidak dikenal tubuh menimbulkan penolakan dan menyebabkan pembengkakan wajah.

11. Susah Buang Air Besar

11. susah BAB-BOA
Sumber : Pexels

Selain efek untuk wajah, collagen dapat menyebabkan efek samping susah buang air besar atau konstipasi. Collagen yang dikonsumsi membuat kalsium meningkat dan memicu munculnya sembelit atau sulit ketika buang air besar.

Hal ini masih bisa diantisipasi dengan makan makanan dengan kandungan serat banyak seperti sayuran dan buah-buahan. Serat akan mampu menetralisir dengan baik agar buang air besar lancar dan perut menjadi nyaman.

12. Gangguan Irama Jantung

12. gangguan irama jantung -BOA
Sumber : Pixabay

Gangguan irama jantung menjadi efek samping minuman collagen yang perlu juga mendapat perhatian khusus. Kelebihan pada konsumsi yang tidak pada tempatnya mengakibatkan irama jantung berdetak lebih cepat atau malah lambat.

Jika mengalami hal demikian sebaiknya menghentikan mengkonsumsi minuman collagen. Memang minuman collagen memberi banyak khasiat tapi juga jangan abai akan efek sampingnya.

Untuk tampilan wajah cerah kinclong dan cantik alami dari dalam bisa memilih produk Beauty of Angel.

Produk dengan kualitas terbaik dan kandungan pemutih aman terpercaya. Beauty of Angel sudah memiliki sertifikasi legal dan aman diaplikasikan pada kulit secara optimal untuk kecantikan paripurna.

Penutup

Selain memiliki khasiat kecantikan paripurna, berbagai efek samping minuman collagen bisa timbul seperti diabetes, alergi, obesitas hingga irama jantung tak menentu. Untuk itu perlu konsultasi ke dokter guna pemakaian dosis tepat agar hasil maksimal. Untuk informasi yang lebih lanjut, bisa silahkan klik https://beautyofangel.co.id/

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?