fbpx

Apa Itu SPF+ Pada Sunscreen: Kelebihan dan Cara Memahaminya

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

pexels-pemakaian tabir surya

Sunscreen atau tabir surya adalah salah satu produk perawatan kulit yang paling penting untuk melindungi kulit kita dari bahaya sinar matahari. Saat Anda memilih sunscreen, Anda mungkin sering melihat istilah “SPF” diikuti dengan angka. Artikel ini akan menjelaskan arti SPF+ pada sunscreen, manfaatnya, serta cara memahaminya dengan lebih baik.

Apa Itu SPF?

freepik-Mengapa Kulit Menjadi Lebih Sensitif Setelah Menggunakan Krim Pemutih
sumber: freepik

Singkatan “SPF” merujuk pada “Sun Protection Factor” atau Faktor Perlindungan Sinar Matahari. Angka yang mengikuti SPF menunjukkan seberapa efektif sunscreen dalam melindungi kulit dari paparan sinar UVB (Ultraviolet B). Sinar UVB adalah salah satu jenis sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit terbakar.

Arti Angka SPF+

freepik-4. Membantu Meremajakan Kulit-BOA
Sumber : Freepik

Angka SPF pada sunscreen mengindikasikan berapa kali lebih lama Anda dapat berjemur tanpa terbakar dibandingkan jika Anda tidak menggunakan sunscreen. Misalnya, jika Anda menggunakan sunscreen dengan SPF 30, ini berarti Anda dapat berjemur sekitar 30 kali lebih lama daripada tanpa sunscreen sebelum kulit Anda mulai terbakar.

Namun, perlu diingat bahwa angka SPF bukan berarti perlindungan sepenuhnya. Tidak ada sunscreen yang dapat memberikan perlindungan absolut dari sinar matahari. Ini juga tidak menunjukkan efektivitas melawan sinar UVA (Ultraviolet A), yang dapat menyebabkan penuaan kulit dan kerusakan kulit jangka panjang. Untuk melindungi kulit secara menyeluruh, Anda perlu mencari sunscreen yang memberikan perlindungan SPF dan juga melindungi dari sinar UVA (biasanya ditunjukkan dengan “Broad Spectrum” atau “UVA/UVB Protection”).

Bagaimana Memilih SPF yang Tepat?

BoA Sunscreen 06507

Pemilihan SPF yang tepat tergantung pada berbagai faktor, termasuk tipe kulit Anda, tingkat aktivitas Anda, dan seberapa lama Anda berencana berada di bawah sinar matahari. Beberapa panduan umum termasuk:

  • Untuk penggunaan sehari-hari: SPF 15-30 umumnya cukup, terutama jika Anda tidak berada di bawah sinar matahari secara ekstensif.
  • Untuk aktivitas di luar ruangan: Pilih SPF 30 atau lebih tinggi, terutama jika Anda akan berjemur dalam waktu yang lama.
  • Kulit yang lebih terang cenderung lebih rentan terhadap kerusakan matahari, jadi mereka mungkin ingin memilih SPF yang lebih tinggi.

Ingatlah untuk selalu mengaplikasikan sunscreen secara merata dan secara teratur, terutama setelah berenang atau berkeringat.

Cara Memilih Sunscreen yang Tepat 

Beauty-of-Angel-Sunscreen-SPF-50-PA+++-Top

pilihlah sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan aktivitas serta kulit Anda. Bila Anda beraktifitas dibawah sinar matahari dalam waktu yang lama gunakan sunscreen dengan perlindungan optimal, SPF 50 +++ akan cocok untuk Anda yang beraktivitas lama di luar. Selain itu sesuaikan sunscreen dengan jenis kulit Anda, gunakan sunscreen yang memiliki tekstur ringan mudah meresap pada kulit. Beberapa rekomendasi sunscreen terbaik berikut dapat Anda pilih untuk melindungi kulit cantika Anda. 

Kesimpulan

SPF+ pada sunscreen adalah indikator penting tentang sejauh mana produk tersebut melindungi kulit dari sinar UVB. Memahami angka SPF+ dapat membantu Anda memilih sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda dan memberikan perlindungan yang efektif dari sinar matahari. Tetapi selalu ingat bahwa pemilihan sunscreen yang tepat hanya satu langkah dalam menjaga kulit Anda tetap sehat.

Add Your Heading Text Here

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?