fbpx

Benarkah Kulit Berminyak Tidak Perlu Pakai Pelembab?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Pengertian Kulit Berminyak

Kulit berminyak adalah kondisi di mana kelenjar sebasea terlalu banyak memproduksi sebum. Minyak alami yang berfungsi untuk melapisi kulit dan rambut disebut sebum. Sebum memiliki manfaat  untuk merawat dan menjaga kulit agar tetap lembap. Kotoran akan lebih mudah menempel dan menyumbat kulit yang berminyak. Oleh sebab itu, kulit yang berminyak sangat berpotensi untuk mengalami masalah  jerawat. 

Minyak berlebih pada wajah berminyak dinilai mampu menjaga hidrasi kulit agar tetap lembap. Oleh sebab itu, masih banyak orang yang mengganggap penggunaan pelembap tidak penting untuk kondisi wajah berminyak. Ada beberaoa mitos yang berkembang di masyarakat mengenai penggunaan pelembap pada kulit berminyak, antara lain: 

  • Wajah Berminyak Tidak Membutuhkan Pelembap

Pernyataan tersebut merupakan mitos. Faktanya, semua jenis kulit membutuhkan pelembap, baik jenis kulit kering, sensitif, bahkan berminyak. Pelembap memiliki fungsi untuk menjaga hidrasi kulit serta mencegah kulit mengalami dehidrasi. Penggunaan pelembap pada kulit berminyak tidak akan membuat wajahmu makin berminyak. Jadi, untuk kamu dengan jenis kulit berminyak, tetap gunakan pelembap, ya!

  • Penggunaan Pelembap Pada Kulit Berminyak akan Menyumbat Pori-pori

Faktanya, kekeringan kulit justru dapat memicu produksi minyak berlebih. Minyak ini lah yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Pelembap yang tepat, non-komedogenik, justru membantu menjaga keseimbangan minyak dan air pada kulit, sehingga meminimalisir risiko jerawat. Pastikan pelembap yang kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan kulit kamu, ya!

  • Pelembap Hanya Untuk Kulit Kering

Pernyataan ini adalah mitos. Pelembap hadir dalam berbagai tekstur dan formula, termasuk yang ringan dan bebas minyak. Jenis pelembap ini cocok untuk wajah berminyak tanpa meninggalkan rasa lengket atau menyumbat pori-pori.

Manfaat Pelembap Bagi Kulit Berminyak

Banyak pula orang yang percaya dengan mitos-mitos di atas. Padahal, penggunaan pelembap pada wajah berminyak memiliki banyak manfaat. Di antaranya sebagai berikut:

  • Jaga Keseimbangan Minyak

Pelembap membantu mengontrol produksi minyak berlebih, sehingga wajah tampak lebih matte dan segar.

  • Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi dapat memperburuk kusam, keriput, dan garis halus. Pelembap membantu menjaga hidrasi kulit dan membuatnya terlihat lebih sehat.

  • Tingkatkan Elastisitas Kulit

 membantu menjaga elastisitas kulit, sehingga membuatnya lebih kenyal dan kencang.

  • Lindungi Kulit dari Radikal Bebas

Pelembap dengan antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti polusi dan sinar UV.

Tips Memilih Pelembap untuk Wajah Berminyak

  • Gunakan pelembap yang non-komedogenik

Cari label “non-komedogenik” pada kemasan pelembap. Ini menandakan bahwa produk tersebut tidak menyumbat pori-pori.

  • Pilih pelembap berbahan dasar air

Pelembap berbahan dasar air lebih ringan dan tidak lengket, sehingga cocok untuk wajah berminyak.

  • Utamakan pelembap yang mengandung bahan-bahan bermanfaat

Cari pelembap yang mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid, niacinamide, atau green tea extract yang bermanfaat untuk kulit berminyak.

  • Sesuaikan dengan jenis kulit

Perhatikan jenis kulit kamu, apakah berminyak sensitif, berminyak kombinasi, atau berminyak berjerawat. Pilih pelembap yang diformulasikan khusus untuk jenis kulit kamu.

Cara Menggunakan Pelembap pada Wajah Berminyak

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu

Pastikan wajah kamu bersih dari makeup, kotoran, dan minyak sebelum menggunakan pelembap.

  • Gunakan sedikit pelembap

Oleskan sedikit pelembap pada wajah kamu dan ratakan dengan gerakan melingkar.

  • Pakai pada pagi dan malam hari

Gunakan pelembap dua kali sehari, pagi dan malam hari, untuk hasil yang optimal.

  • Jangan Lupakan Sunscreen

Gunakan tabir surya setiap pagi hari, setelah menggunakan pelembap.

Penutup

Pelembap bukan hanya untuk kulit kering, tetapi juga penting untuk wajah berminyak. Dengan memilih pelembap yang tepat dan menggunakannya dengan cara yang benar, kamu dapat mendapatkan kulit yang lebih sehat, terhidrasi, dan bebas jerawat.

Skincare ini banyak dihindari oleh orang dengan kulit berminyak hanya karena dianggap menambah kilang minyak di wajah. Padahal, orang dengan tipe kulit ini juga bisa mengalami kulit kering dan dehidrasi.

Pilihlah pelembap untuk kulit berminyak yang mengandung asam hialuronat atau lemon yang memiliki sifat anti astringent dan anti bakteri. Selain itu, carilah produk berlabel non-komedogenik berbahan dasar air agar tidak menyumbat pori.

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?