fbpx

Bahan Skincare Apa yang Aman untuk Ibu Hamil?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tidak semua kandungan skincare aman untuk digunakan oleh ibu hamil. Skincare aman untuk ibu hamil mengandung bahan-bahan tertentu yang tidak terserap ke dalam aliran darah dan tidak membahayakan janin. Bumil perlu lebih cermat dalam memperhatikan kandungan skincare yang dipilih dan pastikan produk tersebut berlabel aman untuk ibu hamil.

Selain persiapan persalinan, kamu juga perlu memperhatikan dan menjaga perubahan kulit selama kehamilan. Pada ibu hamil, adanya perubahan hormon dan aliran darah bisa menyebabkan banyak masalah kulit seperti jerawat, noda hitam, dan kulit kering. 

Artikel ini akan menjadi panduan kamu dalam memilih skincare yang aman untuk ibu hamil, serta memberikan tips untuk menjaga kesehatan kulit selama kehamilan.

Perubahan Kulit Ibu Hamil

Selama kehamilan, tubuh kamu memproduksi hormon estrogen dan progesteron dalam jumlah yang lebih tinggi. Peningkatan hormon ini dapat menyebabkan perubahan berikut pada kulit kamu:

  • Jerawat

Peningkatan hormon androgen dapat memicu produksi minyak berlebih, yang dapat menyebabkan jerawat.

  • Stretch mark

Pertambahan berat badan yang cepat selama kehamilan dapat menyebabkan munculnya stretch mark, terutama di sekitar perut, payudara, paha, dan bokong.

  • Kulit kering dan gatal

Perubahan hormon dan peningkatan aliran darah dapat menyebabkan kulit kering dan gatal.

  • Hiperpigmentasi

Ini muncul sebagai bercak-bercak gelap atau garis pada kulit, terutama di sekitar wajah, puting susu, dan perut. Kondisi ini umum terjadi pada ibu hamil dan dikenal sebagai melasma atau linea nigra.

Kandungan Skincare Aman untuk Ibu Hamil

Tidak semua produk skincare aman untuk digunakan selama kehamilan. Beberapa bahan yang terkandung dalam produk skincare dapat diserap ke dalam kulit dan masuk ke aliran darah, berpotensi mempengaruhi kesehatan ibu dan janin.

Berikut adalah beberapa bahan yang aman untuk digunakan ibu hamil

  • Niacinamide

Niacinamide menjadi salah satu bahan skincare yang aman untuk digunakan ibu hamil. Vitamin B3 yang terkandung dalam Niacinamide bisa mengatasi permasalahan kulit pada ibu hamil. Namun, kamu perlu memperhatikan produk yang akan digunakan, pastikan kandungan Niacinamide yang ada di skincare kamu kurang dari 5%, ya!

  • Salicylic Acid

Kandungan skincare lain yang aman untuk ibu hamil adalah Salicylic Acid. Bahan ini berfungsi untuk membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori. 

  • Kojic Acid

Kojic Acid bisa menjadi kandungan skincare yang cocok untuk kamu gunakan saat hamil, sebab bisa meredakan kulit yang kusam. 

Tips Memilih Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Saat memilih produk skincare untuk ibu hamil,  perhatikan hal berikut:

  • Produk organik atau natural

Pilihlah produk yang terbuat dari bahan-bahan alami dan organik.

  • Produk hypoallergenic

Produk hypoallergenic lebih lembut dan cenderung tidak menyebabkan iritasi.

  • Baca label dengan teliti

Perhatikan kandungan bahan aktif dan hindari bahan-bahan yang disebutkan di atas.

  • Lakukan tes alergi

Sebelum menggunakan produk baru, lakukan tes alergi terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit produk pada area kecil di lengan kamu dan tunggu selama 24 jam. Jika tidak ada reaksi alergi, kamu dapat menggunakan produk tersebut.

Rutinitas Skincare untuk Ibu Hamil

Berikut adalah rutinitas skincare dasar yang aman untuk ibu hamil:

  • Pembersih wajah

Gunakan pembersih wajah yang lembut dan bebas sabun untuk menghilangkan minyak dan kotoran tanpa membuat kulit kering.

  • Toner (opsional)

Pilih toner yang bebas alkohol dan berbahan dasar air untuk menyeimbangkan pH kulit kamu.

  • Pelembab wajah

Gunakan pelembab wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Carilah pelembab yang mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid, gliserin, atau ceramide untuk menjaga kelembapan kulit.

  • Tabir surya

Lindungi kulit kamu dari sinar matahari yang berbahaya dengan menggunakan tabir surya minimal SPF 30 setiap hari, bahkan pada hari yang mendung. Pilih tabir surya berlabel “broad spectrum” yang melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

  • Pelembab khusus

Untuk mengatasi masalah kulit tertentu seperti stretch mark atau hiperpigmentasi, konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan rekomendasi produk pelembab khusus yang aman untuk ibu hamil.

Perawatan Tambahan untuk Menjaga Kesehatan Kulit Ibu Hamil

Selain rutinitas skincare dasar, berikut adalah beberapa tips tambahan untuk menjaga kesehatan kulit selama kehamilan:

  • Minum air putih yang cukup

Dehidrasi dapat memperburuk masalah kulit. Minum air putih yang cukup membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat.

  • Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan untuk menutrisi kulit dari dalam.

  • Kelola stress

Stress dapat memperburuk kondisi kulit. Lakukan aktivitas yang dapat membantu kamu mengelola stress, seperti yoga, meditasi, atau jalan kaki.

Rekomendasi Produk Aman Untuk Ibu Hamil

Masih banyak ibu hamil yang bimbang untuk memilih produk yang bisa digunakan saat kehamilan. Banyak kandungan skincare yang tidak boleh digunakan saat hamil. Oleh sebab itu, kamu harus selektif dalam memilih produk yang digunakan. Rangkaian skincare ini sudah terdaftar di BPOM, jadi jangan khawatir, ya! Untuk kamu yang sedang hamil, skincare ini  sangat aman untuk kamu gunakan, ya!

Beauty of Angel White Tomato Series menjadi pilihan skincare yang tepat untuk kamu, ibu hamil yang masih bingung dalam menentukan skincare rutin. Kamu tidak perlu khawatir dengan kandungannya, karena skincare ini berbahan dasar white tomato yang sangat bagus untuk kecantikan kulit. White tomato diketahui memiliki banyak antioksidan yang sangat cocok membantu kulit untuk mendapatkan hasil yang cerah alami. 

Likopen dan beta karoten tinggi yang terdapat pada white tomato dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Niacinamide yang terkandung dalam Beauty of Angel White Tomato Series dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Glutathione yang terdapat pada skincare ini juga bisa membantu kulit menghambat produksi melanin dan mencerahkan kulit.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai skincare aman untuk ibu hamil dan tips mencerahkan wajah dengan Beauty of Angel White Tomato Series. Ingatlah untuk selalu memilih produk skincare yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit kamu. Konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan rekomendasi produk yang tepat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?