fbpx

Skin Barrier Rusak? Simak Tanda-tanda dan Cara Memperbaikinya

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tips Perbaiki Skin Barrier Rusak

Table of Contents

Skin barrier atau lapisan pelindung kulit adalah benteng pertahanan terluar kulit yang terdiri dari lemak dan protein. Skin barrier yang sehat bisa membantu menjaga kelembaban kulit, mencegah iritasi, dan melindungi kulit dari bakteri. Beberapa masalah kulit biasanya disebabkan oleh skin barrier rusak.  

Artikel ini akan membahas mengenai tanda-tanda dan cara memperbaiki skin barrier yang rusak. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai, ya!

Faktor yang Bisa Merusak Skin Barrier

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan skin barriermu menjadi rusak, berikut beberapa di antaranya:

Produk Perawatan Kulit yang Keras

Ada beberapa produk perawatan wajah  yang mengandung bahan kimia iritatif seperti alkohol, parfum, dan deterjen dapat merusak skin barrier. Bahan-bahan skincare dengan kandungan yang keras bisa merusak skin barrier bahkan bisa menyebabkan iritasi. 

Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Paparan sinar UV matahari secara berlebihan bisa merusak sel-sel kulit dan melemahkan skin barrier kamu.

Stres

Faktor kedua yang bisa merusak skin barrier adalah stres. Stres bisa meningkatkan produksi hormon kortisol, yang dapat merusak skin barrier. Saat stres, tubuh memproduksi hormon stres kortisol dan adrenalin. 

Hormon ini dapat memicu peradangan pada kulit, yang pada gilirannya dapat merusak skin barrier. Peradangan ini dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti jerawat, eksim,

Kurang Tidur

Perbaiki Skin Barrier Rusak dengan Tips ini

Kurang tidur dapat mengganggu fungsi skin barrier. Saat kita tidur, kulit melakukan proses perbaikan dan pemulihan dari kerusakan akibat sinar UV, polusi, dan faktor lainnya. Kurang tidur dapat mengganggu proses ini, sehingga kulit tidak memiliki cukup waktu untuk memperbaiki diri. Hal ini dapat menyebabkan skin barrier menjadi lebih rapuh dan mudah rusak.

Cara Memperbaiki Skin Barrier Rusak

Kamu tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki skin barrier yang rusak, antara lain: 

Hindari Produk Perawatan Kulit yang Keras

Pilihlah produk yang lembut dan bebas bahan kimia iritatif.

Gunakan Pelembab Secara Rutin

Pelembab membantu menjaga kelembaban kulit dan memperbaiki skin barrier. Gunakan pelembap secara rutin bisa membantu jaga skin barriermu agar tetap sehat. 

Gunakan Sunscreen Setiap Hari

Simak Tanda-tanda dan Cara Memperbaiki Skin Barier

Sunscreen melindungi kulit dari sinar UV matahari yang dapat merusak skin barrier. Oleh sebab itu, pastikan kamu menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 setiap hari sebelum beraktivitas, ya!. 

Kelola Stres

Skin Barrier Rusak Simak Tanda-tanda dan Cara Memperbaikinya

Lakukan aktivitas yang dapat membantu meredakan stres, seperti yoga, meditasi, atau mendengarkan musik.

Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup bisa membantu tubuh memperbaiki sel-sel kulit, termasuk skin barrier.

Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral untuk membantu menjaga kesehatan kulit.

Tips Tambahan

Berikut beberapa tips tambahan yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan perawatan skin barrier yang rusak: 

  • Lakukan eksfoliasi kulit secara rutin: Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang produksi sel-sel kulit baru.
  • Gunakan masker wajah: Masker wajah dapat membantu menghidrasi kulit dan memperbaiki skin barrier.
  • Minum air putih yang cukup: Minum air putih yang cukup membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menjaga kesehatan kulit.

Rekomendasi Produk

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga skin barrier adalah dengan penggunaan skincare. Sebab, kulit yang sehat dimulai dari merawat skin barrier. Beauty of Angel White Tomato Series memiliki berbagai kandungan yang merawat skin barrier. 

Berikut beberapa kandungan yang ada pada Beauty of Angel White Tomato Series:

White Tomato

White tomato menjadi salah satu bahan alami yang terdapat pada skincare ini. Likopen dan beta karoten yang terdapat pada white tomato bisa bantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Glutathione

Glutathione yang terkandung dalam Beauty of Angel White Tomato Series bisa bantu hambat produksi melanin dan mencerahkan kulit wajah. 

Niacinamide

Niacinamide yang dapat bantu mencerahkan kulit wajah. Kandungan Niacinamide pada Beauty of Angel White Tomato Series bisa bantu mencerahkan, melembapkan, dan melindungi kulitmu dari kerusakan akibat sinar matahari. 

Beauty of Angel White Tomato Series memiliki empat skincare, di antaranya Face Wash, Face Toner, Day Cream, serta Night Gel. Pastikan kamu menggunakan seluruh rangkaian skincarenya untuk mendapatkan hasil yang optimal, ya!

Penutup

Jika kamu memiliki skin barrier yang rusak parah, konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Catatan:

  • Informasi ini hanya untuk tujuan edukasi dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti saran medis profesional.
  • Selalu konsultasikan dengan dokter kulit sebelum memulai program perawatan kulit baru.
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?