fbpx

Kenapa Bulu Ketiak Cepat Tumbuh? Ini 5 Alasannya!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

5 Alasan Bulu Ketiak Cepat Tumbuh

Table of Contents

Bulu ketiak, rambut yang tumbuh di area ketiak umumnya lebih kasar dan tebal jika dibandingkan dengan rambut di bagian tubuh lainnya. Meski begitu, bulu ketiak memiliki banyak manfaat untuk kulitmu, salah satunya bisa melindungi kulit dari gesekan juga bisa membantu mengatur suhu tubuh. 

Meskipun bulu ketiak memiliki fungsi penting, banyak orang yang merasa tidak nyaman dengan pertumbuhannya. Hal ini karena bulu ketiak dapat membuat area ketiak terlihat gelap dan basah, serta menimbulkan bau badan. Masih menjadi pertanyaan di masyarakat terkait alasan mengapa bulu ketiak tumbuh dengan cepat.

Artikel ini akan membahas memberikan jawaban mengapa bulu ketiak cepat tumbuh. Untuk mendapatkan informasinya, pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai, ya!

Mengapa Bulu Ketiak Cepat Tumbuh? 

Kenapa Bulu Ketiak Cepat Tumbuh

Bulu ketiak tumbuh lebih cepat dibandingkan bulu di bagian tubuh lain karena beberapa faktor, yaitu:

Perubahan Hormon

Faktor pertama yang membuat bulu ketiak cepat tumbuh adalah adanya perubahan hormon. Pertumbuhan bulu ketiak akan lebih cepat saat masa pubertas, kehamilan, dan menopouse. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kadar hormon androgen, seperti testosteron, yang merangsang kelenjar keringat apokrin di area ketiak untuk memproduksi lebih banyak bulu.

Faktor Genetik

Faktor genetik juga berperan dalam menentukan kecepatan pertumbuhan bulu ketiak. Jika kamu memiliki genetik yang memiliki bulu ketiak yang tumbuh cepat, kemungkinan besar juga akan memiliki bulu ketiak yang tumbuh cepat.

Penggunaan Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti steroid dan minoxidil, dapat meningkatkan pertumbuhan bulu ketiak. Beberapa obat, seperti steroid dan obat kemoterapi, dapat memiliki efek samping yang menyebabkan pertumbuhan rambut yang tidak normal, termasuk bulu ketiak.

Cara Memperlambat Pertumbuhan Bulu Ketiak

Bulu ketiak yang tumbuh lebat dan cepat memang bisa mengganggu penampilan dan membuat tidak nyaman. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperlambat pertumbuhan bulu ketiak, antara lain:

Mencukur Bulu Ketiak

Alasan Bulu Ketiak Cepat Tumbuh

Cara paling mudah dan murah untuk menghilangkan bulu ketiak adalah dengan mencukur. Namun, cara ini hanya bersifat sementara dan bulu akan tumbuh kembali dalam beberapa hari. Mencukur terlalu sering juga dapat menyebabkan iritasi kulit.

Selain itu, mencukur bulu ketiak hanya akan memotong bagian batang rambut yang terlihat di permukaan kulit, tidak memengaruhi akar rambut yang berada di bawah kulit.

Mencabut Bulu Ketiak

Mencabut bulu ketiak dengan pinset atau waxing dapat memperlambat pertumbuhan bulu karena akarnya ikut tercabut. Namun, cara ini bisa terasa sakit dan iritasi kulit juga mungkin terjadi.

Gunakan Krim Penghilang Bulu

Upaya selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan krim penghilang bulu. Krim penghilang bulu mengandung bahan kimia yang dapat melarutkan keratin pada rambut, sehingga bulu menjadi rapuh dan mudah rontok.

Gunakan Masker Alami

Kenapa Bulu Ketiak Cepat Tumbuh Ini 5 Alasannya!

Beberapa bahan alami seperti lidah buaya, kentang, dan kunyit dapat digunakan untuk memperlambat pertumbuhan bulu ketiak. Namun, ada beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitasnya, seperti ketebalan rambut ketiak, frekuensi, dan durasi penggunaan masker alami. 

Rekomendasi Produk

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk melakukan perawatan ketiak adalah dengan penggunaan underarm cream. Sebab, penggunaan underarm cream bisa menjadi upaya melakukan perawatan ketiak pasca mencukur. 

Beauty of Angel Underarm Cream dapat menjadi produk yang cocok untuk kamu yang ingin merawat ketiak. Underarm cream ini dapat mencegah bau badan dalam tubuhmu. Produk ini memiliki kandungan utama Collagen yang diperkaya dengan Niacinamide dapat membuat kulit lipatan menjadi lebih cerah. 

Selain itu, Beauty of Angel Underarm Cream mengandung Chamomile Extract dan Tawas yang berfungsi sebagai anti bakteri yang dapat menghilangkan bau badan. Produk ini juga sudah terdaftar di BPOM dan terjamin kehalalannya, sehingga aman untuk digunakan.

Penutup

Penting untuk diingat bahwa tidak ada cara untuk menghentikan pertumbuhan bulu ketiak sepenuhnya. Namun, ada beberapa cara untuk memperlambat pertumbuhannya dan menjaga agar bulu ketiak tetap rapi.

Jika kamu merasa terganggu dengan pertumbuhan bulu ketiak yang cepat, konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan rekomendasi cara terbaik untuk memperlambat pertumbuhan bulu ketiak.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?