fbpx

9 Tips Menjaga Kulit Lembut dan Terhidrasi Selama Kehamilan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Kulit Lembut dan Terhidrasi Saat Hamil

Table of Contents

Kehamilan merupakan momen spesial yang penuh kebahagiaan bagi setiap wanita. Di balik kebahagiaan itu, perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan dapat mempengaruhi kondisi kulit, membuatnya lebih kering dan sensitif.

Untungnya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit tetap lembut dan terhidrasi selama kehamilan. Artikel ini akan membahas secara lengkap tips menjaga kulit agar tetap lembut dan terhidrasi selama kehamilan, pastikan membacanya sampai akhir, ya!

Perubahan Hormon dan Dampaknya pada Kulit

Selama kehamilan, kadar hormon estrogen dan progesteron meningkat pesat. Hal ini dapat menyebabkan beberapa perubahan pada kulit, seperti:

Peningkatan produksi minyak

Hormon estrogen merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak sebum, yang dapat menyebabkan kulit berminyak dan berjerawat.

Kulit kering

Hormon progesteron dapat mengganggu keseimbangan air pada kulit, membuatnya lebih kering dan mudah iritasi.

Munculnya stretch mark

Tips Kulit Lembut Terhidrasi Saat Hamil

Peregangan kulit akibat pertumbuhan janin dapat menyebabkan munculnya stretch mark di perut, paha, dan payudara.

Hiperpigmentasi

Peningkatan kadar hormon dapat menyebabkan hiperpigmentasi, yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik gelap pada wajah, leher, dan area lain yang terpapar sinar matahari.

Tips Menjaga Kulit Lembut dan Terhidrasi Selama Kehamilan

Meskipun perubahan hormon dapat memengaruhi kondisi kulit, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit tetap lembut dan terhidrasi selama kehamilan:

Mandi dengan air hangat

Hindari mandi dengan air panas yang dapat menghilangkan minyak alami kulit. Gunakan air hangat dan sabun mandi yang lembut dan bebas pewangi.

Gunakan pelembap secara teratur

Jaga Kulit Lembut dan Terhidrasi Selama Kehamilan

Menjaga kelembapan kulit saat hamil juga menjadi hal yang penting. Pilihlah pelembap yang hypoallergenic dan bebas pewangi. Oleskan pelembap pada wajah dan tubuh setelah mandi dan setiap kali merasa kulit kering.

Minum air putih yang cukup

Minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi. 

Konsumsi makanan sehat

Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan protein untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit.

Hindari paparan sinar matahari

Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 setiap kali keluar rumah untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Pastikan untuk reapply sunscreen setiap 2 jam sekali, ya!

Gunakan produk perawatan kulit khusus ibu hamil

9 Tips Menjaga Kulit Lembut dan Terhidrasi Selama Kehamilan

Beberapa produk perawatan kulit diformulasikan khusus untuk ibu hamil dan aman digunakan selama kehamilan. Konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan rekomendasi produk yang tepat.

Hindari stres

Stres dapat memperburuk kondisi kulit. Lakukan aktivitas yang dapat membantu kamu rileks, seperti yoga, meditasi, atau mendengarkan musik.

Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup penting untuk kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan. Pastikan kamu tidur minimal 7-8 jam setiap malam.

Gunakan bahan-bahan alami

Beberapa bahan alami seperti lidah buaya, minyak kelapa, dan madu dapat membantu melembabkan dan menenangkan kulit. Gunakan bahan-bahan ini sebagai masker wajah atau oleskan langsung pada kulit.

Rekomendasi Skincare Untuk Ibu Hamil

Masih banyak ibu hamil yang bimbang untuk memilih produk yang bisa digunakan saat kehamilan. Banyak kandungan skincare yang tidak boleh digunakan saat hamil. Oleh sebab itu, kamu harus selektif dalam memilih produk yang digunakan. Rangkaian skincare ini sudah terdaftar di BPOM, jadi jangan khawatir, ya! Untuk kamu yang sedang hamil, skincare ini  sangat aman untuk kamu gunakan, ya!

Beauty of Angel White Tomato Series menjadi pilihan skincare yang tepat untuk kamu, ibu hamil yang ingin memiliki kulit lembut dan terhidrasi. Kamu tidak perlu khawatir dengan kandungannya, karena skincare ini berbahan dasar white tomato yang sangat bagus untuk kecantikan kulit. White tomato diketahui memiliki banyak antioksidan yang sangat cocok membantu kulit untuk mendapatkan hasil yang cerah alami. 

Likopen dan beta karoten tinggi yang terdapat pada white tomato dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Niacinamide yang terkandung dalam Beauty of Angel White Tomato Series dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Glutathione yang terdapat pada skincare ini juga bisa membantu kulit menghambat produksi melanin dan mencerahkan kulit.

Penutup

Menjaga kesehatan kulit selama kehamilan memang penting. Dengan mengikuti tips-tips yang telah dibagikan di atas, kamu dapat menjaga kulit tetap lembut, terhidrasi, dan sehat selama kehamilan.

Ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kulit jika kamu memiliki pertanyaan atau masalah kulit yang tidak dapat diatasi dengan tips-tips di atas.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?