fbpx

Menjaga Kulit Sehat dan Glowing Selama Berpuasa: Tips dan Trik Jitu

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Bulan ramadan menjadi momen yang sangat istimewa bagi umat muslim. Saat ramadan, umat muslim diwajibkan untuk menahan lapar dan haus selama kurang lebih 14 jam lamanya. Meski begitu, berpuasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Masalah Kulit Saat Puasa

Namun, berpuasa juga akan membuat tubuh kekurangan cairan. Kondisi tersebut akan mempengaruhi kondisi kulit. Lalu, apa saja masalah kulit yang akan muncul saat berpuasa?

  • Kulit Kering

Tubuh yang kekurangan cairan saat berpuasa 13-14 jam lamanya akan berpotensi menyebabkan dehidrasi. Saat kurang minum, kulit akan menjadi lebih kering. Dilansir dari antaranews.com, kulit akan merasakan dehidrasi karena kurangnya asupan makanan dan minuman saat berpuasa. Kurangnya asupan makanan dan minuman bahkan bisa memperburuk kondisi kulit yang sudah ada. 

  • Kulit Kusam

Tubuh yang kekurangan cairan saat berpuasa juga bisa membuat wajah kehilangan kelembapannya sehingga akan terlihat kusam. Adanya perubahan waktu tidur selama puasa juga bisa membuat kulit menjadi kusam. Tidur larut malam dan terbangun lebih awal untuk sahur dapat mengganggu waktu tubuh untuk beristirahat. Tubuh yang kurang berisitrahat akan memproduksi lebih sedikit hormon yang bisa menjaga kelembapan kulit. Akibatnya, kulit akan terlihat lebih kusam. 

  • Bibir Kering dan Pecah-pecah

Bibir kering dan pecah-pecah menjadi masalah yang sering muncul saat berpuasa. Oleh sebab itu, kamu perlu terus menjaga kelembapan bibir saat berpuasa, seperti misalnya menggunakan pelembap bibir. Namun, jangan sampai tertelan, ya!

  • Kulit Iritasi

Saat berpuasa tubuh akan kekurangan nutrisi dan air. Kurangnya asupan air dan nutrisi saat berpuasa akan mempengaruhi kondisi kulit dan membuatnya lebih mudah iritasi. Kondisi cuaca yang ekstrem saat berpuasa juga bisa memperparah kondisi kulit kamu. Terlebih jika kamu diharuskan untuk beraktivitas di luar ruangan. 

Tips Jaga Kesehatan Kulit Saat Puasa

Namun jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga kesehatan kulitmu saat berpuasa, di antaranya sebagai berikut:

  • Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kamu perlu memenuhi kebutuhan cairan untuk menjaga hidrasi tubuh. Air akan membantu tubuh untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Oleh sebab itu, kamu perlu minum air putih minimal 7-8 gelas setiap harinya, untuk membantu menjaga elastisitas kulit. 

Saat berpuasa, pastikan untuk minum 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, serta 4 gelas saat malam hari hingga menjelang tidur. 

  • Rutin Gunakan Pelembap dan Sunscreen

Saat berpuasa, kamu perlu lebih extra menjaga kelembapan kulit. Sebab saat berpuasa, kurangnya nutrisi yang masuk akan membuat kulitmu menjadi kering. Penggunaan pelembap secara rutin akan membantu menjaga kelembapan kulitmu. Gunakan pelembab dua kali sehari, setelah mandi dan sebelum tidur.

Selain itu, kamu juga perlu menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari. Meski kamu tidak beraktivitas di luar ruangan, kamu tetap perlu menggunakan suncreen 15 menit sebelum beraktivitas. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membuat kulit menjadi kusam. Oleh sebab itu, penggunaan sunscreen merupakan hal yang penting. 

  • Perhatikan Asupan Nutrisi

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin A, C, dan E berperan penting dalam menjaga kesehatan dan regenerasi kulit. Oleh sebab itu, kamu perlu mengonsumsi makanan yang dengan kandungan nutrisi yang lengkap saat berpuasa. 

Sumber vitamin A yang baik antara lain wortel, ubi jalar, bayam, dan pepaya. Vitamin C bisa kamu temukan pada jeruk, stroberi, kiwi, dan brokoli. Sedangkan vitamin E terdapat pada kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat.

  • Jaga Kebersihan Kulit

Cuci muka dua kali sehari dengan sabun cuci muka yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit kamu. Hindari mencuci muka berlebihan karena dapat membuat kulit kering.

Lakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu untuk menghilangkan sel kulit mati dan membuat kulit lebih cerah. Gunakan masker wajah 1-2 kali seminggu untuk menutrisi dan melembabkan kulit.

  • Kelola Stres

Kelola stres dengan baik karena stres dapat memicu berbagai masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis. Lakukan aktivitas yang menenangkan seperti yoga, meditasi, atau mendengarkan musik.

  • Istirahat yang Cukup

Tidur yang cukup 7-8 jam per hari sangat penting untuk kesehatan kulit. Saat tidur, tubuh melakukan regenerasi sel, termasuk sel-sel kulit.

Tips tambahan:

  • Gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan wajah setelah cuci muka.
  • Hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.
  • Gunakan produk perawatan kulit yang bebas pewangi dan paraben.
  • Minum teh hijau yang kaya antioksidan untuk membantu menjaga kesehatan kulit.

Rekomendasi Produk

Beauty of Angel White Tomato Series menjadi pilihan skincare yang tepat untuk kamu yang ingin menjaga kelembapan kulit saat berpuasa. Selain itu,. Beauty of Angel White Tomato Series mengandung Niacinamide yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah. 

White tomato yang terkadung pada skincare ini memiliki banyak kandungan, antara lain kaya antioksidan, white tomato juga mengandung likopen dan beta karoten tinggi yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dengan pemakaian yang optimal, kamu juga bisa mendapatkan kulit mulus. Beauty of Angel White Tomato Series memiliki empat skincare, di antaranya Face Wash, Face Toner, Day Cream, serta Night Gel. Beauty of Angel White Tomato Series telah tersertifikasi halal MUI dan terdaftar di BPOM, menjamin keamanan dan kehalalannya.

Penutup

Bulan Ramadhan memang istimewa, namun perubahan pola makan dan kebiasaan dapat memengaruhi kondisi kulit. Kurangnya asupan air dan nutrisi, serta paparan sinar matahari, dapat membuat kulit kering, kusam, dan mudah iritasi. 

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat menjaga kesehatan kulit agar tetap sehat dan glowing selama berpuasa! Ingatlah untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan seimbang, agar tubuh dan kulit kamu tetap prima.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Hello,
Can we help you?